HIPERTENSI PENYEBAB DAN PENGOBATANNYA

DARAH NTINGGI/HIPERTENSI

Hipertensi menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke, gagal jantung, serangan jantung dan kerusakan ginjal.

Hipertensi dapat diketahui dengan mengukur tekanan darah secara teratur. Penderita hipertensi, apabila tidak ditangani dengan baik, akan mempunyai resiko besar untuk meninggal karena komplikasi kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan gagal ginjal, target kerusakan akibat hipertensi antara lain:

* Otak: menyebabkan stroke
* Mata: menyebabkan retinopati hipertensi dan dapat menimbulkan kebutaan
* Jantung: menyebabkan penyakit jantung koroner, gagal jantung
* Ginjal: menyebabkan penyakit ginjal kronik, gagal ginjal terminal

Penyebab hipertensi sering disebut sebagai salah satu penyakit degeneratif. Umumnya penderita tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Penyakit ini dikenal juga dapat menyerang siapa saja dari berbagai kelompok umur dan kelompok sosial-ekonomi. Namun lebih banyak ditemukan pada usia lanjut yang merupakan salah satu faktor resikonya.

Faktor resiko terjadinya hipertensi, adalah antara lain:

  • Stres.
  • Faktor Keturunan (Genetik).
  • Usia.
  • Asupan Garam.
  • Gaya Hidup yang Kurang Sehat.

 

Penanggulangan Penyakit Darah Tinggi

Faktor dominan yang menyebabkan hipertensi adalah pola makan dan aktivitas tubuh. Akibat dua hal seiring bertambahnya usia semakin meningkatkan resiko kemunculan penyakit. Pengendalian hipertensi antara lain yaitu:

  1. Diet rendah garam, kolesterol, dan lemak jenuh. Mengurangi asupan garam ke dalam tubuh. Harus memperhatikan kebiasaan makan penderita hipertensi. Pengurangan asupan garam secara drastis akan sulit dilaksanakan, jadi sebaiknya dilakukan secara bertahap dan tidak dipakai sebagai pengobatan tunggal.
  2. Behenti merokok dan alkohol.
  3. Latihan fisik secara teratur.
  4. Menghindari stres. Buatlah suasana yang menenangkan dan lakukan relaksasi-relaksasi rutin setiap hari. Hal ini penting untuk memberi efek ketenangan yang dapat mengontrol sistem saraf sehingga dapat menurunkan tekanan darah.
  5. Memperbaiki gaya hidup yang kurang sehat. Penting melakukan olahraga seperti senam aerobik atau jalan cepat sekitar 30 menit sebanyak beberapa kali dalam sepekan.

MENGKUDU SEBAGAI OBAT HERBAL PENURUN HIPERTENSI

Obat herbal penurun hipertensi banyak sekali kita temukan. Tanaman seperti alang-alang, bawang merah dan bawang putih juga memiliki khasiat sebagai obat herbal penurun hipertensi. Buah buahan seperti belimbing dan mentimun sangat baik pula untuk mengatasi darah tinggi.

Zat mengkudu : Obat Herbal Penurun Hipertensi

Mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, adalah salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang luar biasa.

Zat dan senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, dan magnesium. Zat Terpenoid ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.

Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Buah mengkudu banyak di manfaatkan untuk keperluan pengobatan, termasuk sebagai obat herbal penurun hipertensi. Banyak penelitian yang dilakukan oleh ahli medis dari berbagai negara mengenai khasiat
dari buah mengkudu.

Resep Mengkudu Sebagai Obat Herbal Penurun Hipertensi

Salah satu resep ramuan mengkudu yang rasanya enak tentu menarik sekali. Dengan konsumsi jamu dengan rasa yang enak, tentu membuat kita tidak seperti minum jamu yang seringkali diibaratkan minuman yang rasanya pahit.

Bahan-Bahan yang disiapkan :
– Mengkudu
– Jahe
– Kunyit
– Kapulogo
– Cengkeh
– Daun Sirih, dan
– Kayu manis

Cara pengolahan :

Caranya mengolah obat herbal penurun hipertensi :
Siapkan bahan bahan diatas direbus dalam 350ml Air.
Ambil mengkudu, jahe, kunyit, kapulogo, cengkeh, daun sereh, dan kayu manis.
Setelah di potong-potong, ukuran sedang agar sari patinya cepat keluar.
Lalu direbus Gunakan api yang sedang.
Setelah 20 menit, obat herbal penurun hipertensi dengan buah mengkudu tersebut siap di minum.

Di anjurkan diminum sehari 3x. Pada pagi hari setelah bangun tidur.

 

Secara sederhana kita juga dapat membuat dengan mengupas kulitnya, peras sambil di saring. Kemudian langsung diminum dengan madu.

Makanan Pencegah Hipertensi

Berikut ini adalah makanan yang dapat mencegah hipertensi:

Kismis
Kismis cukup baik dalam membantu penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah. Konsumsi segenggam kismis tiga kali sehari, pada penelitian klinik terkait dengan manfaat kismis dilakukan secara acak pada 46 orang dengan keadaan pra hipertensi.

Jika dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kue, atau biskuit pada kelompok orang yang mengkonsumsi kismis bisa dilihat dengan menurunnya tekanan darah mereka. Dan kasus yang sama ditemukan pada penderita Hipertensi.

Menurut penelitian kismis memiliki kadar potassium yang cukup tinggi yang bisa menurunkan tekanan darah. Kismis juga sebagai sumber yang baik untuk fiber makanan anti-oksidan yang mungkin dapat merubah biokemistri pembuluh darah dan membuatnya jadi tidak terlalu keras sehingga melawan hipertensi.

Kedelai
Dengan mengkonsumsi kacang kedelai setiap hari seperti tempe, tahu, dan the hijau bisa membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi 2,5 mg atau lebih isoflavon per hari mempunyai tekanan darah systolic rata – rata 5,5 mmHg lebih rendah dibandingkan dengan mereke yang mengkonsumsi kurang dari 0,33 mg perhari.

Ayo hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran agar kita terhindar dari masalah tekanan darah tinggi maupun hipertensi.

Scopoletin, zat alami mengontrol tekanan darah

Ada 2 kandungan mengkudu yang sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi :

Scopoletin, senyawa ini berfungsi mengatur tekanan darah. Saat tekanan darah tinggi, scopoletin membantu menurunkan. Sebaliknya bila tekanan darah menjadi rendah, ia akan menaikkannya. Selain berindikasi antibakteri, senyawa ini juga mengatur hormone serotonin, yang membantu menurunkan kadar kecemasan dan depresi.

Morindin, zat ini berkhasiat dalam meningkatkan system pertahanan tubuh. Selain dua zat di atas, pace juga mengandung gum, asam malat, asam sitrat, dan senyawa antiseptic.

Berdasarkan penelitian, ada sekitar 61 lebih senyawa berkhasiat yang dikandung mengkudu. Mereka bekerja secara sinergis dan misterius. Contohnya, beberapa senyawa yang berperan aktif dalam pengobatan penyakit tertentu, bukan berarti hanya senyawa itu yang berkontribusi. Tapi disokong juga oleh senyawa lainnya. Itulah sebabnya mengkonsumsi hasil ekstraksi satu senyawa bakal berbeda khasiatnya dibandingkan dengan kalau kita menenggak sari buah mengkudu secara keseluruhan.

Katakanlah dalam mengobati tekanan darah. Sari buah mengkudu bisa meningkatkan tekanan darah bagi penderita  darah rendah tapi di lain sisi bisa menurunkan tensi darah bagi penderita hipertensi.

Xeronine bagi penderita hipertensi

Konsumsi sari buah megkudu akan membantu penyediaan hormone xeronine. Xeronine dari mengkudu bekerja secara kontradiktif. Pada penderita tekanan darah tinggi, xeronin menurunkan tekanan darah menjadi normal. Pada penderita tekanan darah rendah, mengkudu meningkatkan tekanan darah. Dengan kata lain, sari buah mengkudu berfungsi sebagai adaptogen, penyeimbang fungsi sel-sel tubuh.

Perasan daging buah mengkudu memberikan perubahan sangat berarti pada jantung, yaitu menurunkan kekuatan kontraksi otot jantung, menurunkan kecepatan denyut jantung dan menaikkan jumlah aliran darah koroner jantung setiap menitnya.

Uji praklinis pada tungkai bawah kucing menunjukkan pengaruh hipotensif, yaitu menurunkan tahanan aliran darah (vasodilatasi) pembuluh darah tungkai bawah kucing tapi juga mempunyai efek hipertensif. Sari mengkudu juga mengandung scopoletin. Salah satu fungsinya, membersihkan endapan penyebab arteroklerosis dalam pembuluh darah. Dengan demikian, pembuluh darah menjadi lentur sehingga kerja jantung memompa darah tidak begitu berat.

Jadi kerja buah mengkudu tidak langsung menurunkan kadar gula dalam darah. Melainkan meningkatkan insulin yang mengatur keberadaan gula dalam darah.

Pace juga mengandung antiseptic dan antibakteri pathogen yaitu Eschericia colli, Salmonella dan Staphylococcus aureus. Mengkudu matang mengandung gum arab dan berbagai jenis glukosa yang punya daya antitumor dan menstimulir kekebalan tubuh. Aerta mengandung senyawa aktif merangsang kelenjar pineal mengeluarkan serotonin dan endorphin (morfin tubuh). Makanya mengkudu sering digunakan dalam terapi narkoba.

KHASIAT DAUN KUMIS KUCING

Tanaman ini memiliki sejumlah khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Daunnya mengandung kadar kalium (boorsma) yang cukup tinggi. Ia juga mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal.

Herba kumis kucing ini bisa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit yaitu infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu serta infeksi kandung kencing.

Untuk mengobati penyakit infeksi ginjal dan hipertensi, cuci 30 gram herba segar kumis kucing, herba daun sendok dan rumput lidah ular. Rebus itu semua dalam tiga gelas air sampai hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum setengah gelas sebanyak dua kali sehari.

Bagi yang menderita infeksi saluran kencing, sering buang air kecil (volume sedikit dan anyang-anyangan), bisa dicoba penyembuhannya dengan ramuan herba segar daun kumis kucing, meniran, dan akar alang-alang masing-masing 30 gram lalu dicuci sampai bersih. Bahan-bahan tersebut selanjutnya dipotong-potong seperlunya lalu direbus dalam tiga gelas air hingga hanya tersisa setengahnya. Setelah dingin, air tersebut kemudian diminum masing-masing setengah gelas sebanyak tiga kali sehari.

Untuk mengobati kencing batu, 90 gram herba kumis kucing dicuci bersih lalu direbus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750 cc. Setelah dingin, minumlah sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian. Minumlah ramuan ini hingga penyakitnya sembuh.

DAUN SENDOK

 

 

 

 

 

 

 

Nama latin: Plantago major L.

Nama daerah: Daun urat; Ekor angin; Ekor menjangan; Ki urat; Ceuli uncal; Meloh kiloh; Otot-ototan; Sembung otot; Suri pandak; Sang koba; Terongoat

Deskripsi tanaman: Tumbuhan terna tahunan, berkembang secara luar biasa dengan rimpang tegak, tinggi tanaman 60-80 cm.

Habitat: Tumbuh di tanah yang disinari matahari atau agak teduh, dipinggir-pinggir jalan berumput dan di lapangan rumput, di hutan atau tempat terbuka.

Bagian tanaman yang digunakan: Seluruh bagian tanaman

Kandungan kimia: Lendir; Asam D-galakturonat; Pluntagon; ankobin(glikosid); Nivertin; Emulsin(enzim); Vitamin C; Alkaloida; Tanin; Minyak lemak

Khasiat: Anti inflamasi; Diuretik; Antipiretik; Ekspektoran

Nama simplesia: Plantaginis majoris herba

Resep tradisional:
 
Bisul:
Seluruh tanaman daun sendok 3 tanaman; air 2 gelas, Campuran direbus sampai diperoleh 1 gelas; disaring, Diminum sehari 1 kali 1 gelas.
 
Kudis:
Daun sendok segar 7 lembar; Daun sambiloto segar 7 lembar; air 2 gelas, Campuran direbus hingga diperoleh 1 gelas; disaring, Diminum sehari 2 kali; 1 gelas.
 
Batu ginjal:
Herba daun sendok segar 7 g; Akar alang-alang 7 g; Daun keji beling segar 2 g; Herba kumis kucing segar 6 g; Herba meniran segar 2 g; Air 130 ml, Dibuat infus atau dipipis, Diminum 1 kali sehari 100 ml; apabila dibuat pipisan; diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir; diulang selama 14 hari.
 
 
Hepatitis dan Radang usus:
Herba daun sendok segar 1 genggam; Rimpang temu lawak segar 7 keping; Air secukupnya, Rimpang temu lawak segar disangrai; kemudian dipipis bersama herba daun sendok, Diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir; diulang selama 7 hari sampai 14 hari.
 
Rematik:
Herba daun sendok segar secukupnya; Air secukupnya, Dipipis hingga berbentuk pasta, Dioleskan pada bagian yang sakit; diperbaharui setiap 3 jam sekali.
 
Wasir:
Herba daun sendok segar 1 genggam; Daun wungu segar 7 helai; Air 100 ml, Dibuat infus atau diseduh, Diminum 1 kali sehari 100 ml; diulang selama 14 hari.

 

RUMPUT LIDAH ULAR (HEDYOTIS DIFFUSA WILLD.)

Gambar 1. Rumput lidah ular (Hedyotis diffusa Willd.)

1. Morfologi Tumbuhan

Terna, semusim, merayap atau sedikit tegak, tinggi 10- 20 cm. Batang bulat, beruas-ruas, dari ruas yang menempel tanah tumbuh akar, licin, kuning kehijauan atau hijau kemerahan. Daun tunggal, bersilang berhadapan, bentuk garis, panjang 2-4 cm, lebar 2-3 mm, ujung dan pangkal runcing, tepi beringgir, tidak bertangkai, permukaan halus, hijau. Bunga tunggal, terletak di ketiak daun, kelopak hijau, 4 helai, berlepasan, panjang 1-2 mm, ujung mahkota berlepasan, dasar membentuk tabung, terdiri dari 4 helai,panjang 2-3 mm, warna putih gading. Buah tunggal, bentuk bulat dengan ujung runcing bekas kelopak, diameter 2-3 mm, hijau kemerahan dengan biji di dalam buah berbentuk lanset, kecil, berwarna coklat. Akar serabut, berwarna putih kekuningan (Pustaka)

· Nama Latin : Hedyotis diffusa Willd

· Sinonim : Oldenlandia diffusa (Willd.)

· Nama Lokal : lidah tiong (Jawa), ulasiman kalat, daniri (Thailand), Bai Hua She She Cao (Cina)

2. Khasiat

Peluruh air seni, penurun panas, anti-bakteri, anti inflamasi, anti bakteri, antidot racun ular, obat susunan saraf pusat, dan anti kanker : kanker payudara, leukimia, dan kanker hati

3. Kandungan kimia dan Manfaat tanaman

DAUN ALPUKAT SEBAGAI PENURUN TEKANANDARAH

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa buah alpukat itu memiliki rasa yang enak dan dapat diolah menjadi berbagai variasimakanan dan minuman. Akan tetapi di balik rasayang enak tersebut ternyata buah alpukat bisa menyebabkan hipertensi. Sehingga penderita hipertensi sering menghindari buah alpukat inidengan alasan takut hipertensinya kambuh. Namun, tahukah anda?? Selain dapatdimanfaatkan buahnya, ternyata tanaman alpukat juga dapat dimanfaatkan daunnya.

Berbeda dengan buahnya, daun alpukat memiliki khasiat yang berkebalikan, yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu daun alpukat bisa digunakansebagai obat untuk menyembuhkan hipertensi.Untuk dapat memanfaatkannya sebagai obat penurun tekanan darah pun sangat mudah.Cukup dilakukan dengan cara:

1.Memetik daun apukat sebanyak 2-3 lembar 

2.Merebus daun tersebut ke dalam air secukupnya, kurang lebih 4-5 gelas.

3.Tunggu hingga air hasil rebusan tersebut dingin.

4.Air daun apukat siap diminum, tanpa pemberian gula.

Nah, mudah bukan cara membuatnya« Selain caranya mudah, rasanya pun juga enak.Tetapi awas!!! Jangan sampai keterusan meminum air daun alpukat itu dengan alasan rasanyayang enak. Cukup dengan meminum air rebusan daun alpukat secara bertahap sebanyak 3gelas saja sudah dapat menurunkan hipertensinya.Eits«, bagi anda yang memiliki tekanan darah normal jangan coba-coba untuk mencicipi, meminum, bahkan mengkonsumsi air rebusan daun alpukat ini.

Ingat!!!

Air rebusan daun alpukat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Jadi bila anda yangmemiliki tekanan darah normal memaksakan diri alias nekat meminum air ini, maka tekanan darah anda menjadi rendah. Sehingga anda akan mengalami atau menderita penyakit tekanandarah rendah. Nah.., bagi anda yang memiliki tanaman alpukat atau di dekat rumah anda terdapat tanaman ini, tidak usah khawatir untuk mengkonsumsi berbagai makanan penyebab hipertensi. Karena disekitar anda sudah siap obat penawar yang ampuh.

Jika muncul gejala-gejala atau ciri-ciri hipertensi pada diri anda, seperti tengkuk terasa kaku, pusing pada kepala bagian belakang, jika dibuat mikir, kepala terasa cenut-cenut, dll, maka segeralah minum air rebusan daun alpukat ini.

MANFAAT DAUN TEMPUYUNG

Tempuyung ( Sonchus arvensis L.)

Tempuyung tumbuh liar di tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung, seperti di tebing-tebing, tepi saluran air atau tanah terlantar, kadang ditanam sebagai tumbuhan obat. Tumbuhan yang berasal dari Eurasia ini bisa ditemukan pada daerah yang banyak turun hujan pada ketinggian 50 – 1.650 m dpl.

Sifat dan Khasiat.
Tempuyung rasanya pahit dan dingin. Berkhasiat menghilangkan panas dan racun, peluruh kencing (diuretik), penghancur batu (lipotriptik), antiurolitiasis dan menghilangkan bengkak.

Kandungan Kimia
Tempuyung mengandung  a -laktuserol, b -laktuserol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid dan taraksasterol.

Bagian yang digunakan
Daun atau seluruh tumbuhan
Indikasi

  • Tempuyung dapat mengatasi:
    • Batu sakuran kencing dan batu empedu
    • Radang usus buntu (apendistis), radang payudara (mastitis)
    • Disentri
    • Wasir
    • Beser mani (spermatorea)
    • Darah tinggi (hipertensi)
    • Pendengaran berkurang (tuli)
    • rematik gout, memar
    • bisul, luka bakar.

Cara Pemakaian
Daun atau seluruh tumbuhan sebanyak 15-60 g direbus, lalu diminum. Untuk pemakaian luar, herba segar digiling lalu ditempelkan ke tempat yang sakit atau diperas dan airnya untuk kompres bisul, luka bakar dan wasir.

Efek farmakologis dan Hasil Penenitian
Penelitian pengaruh ekstrak air dan ekstrak alkohol daun tempuyung terhadap volume urine tikus in vivo dan pelarutan batu ginjal in vitro , menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) daun tempuyung tidak secara jelas mempunyai efek diuretik, namun mempunyai daya melarutkan batu ginjal: 2) daya melarutkan batu ginjal oleh ekstrak air lebih baik dari pada ekstrak alkohol (Giri Hardiyatmo, Fak. Farmasi UGM 1991)

Praperlakuan flavonoid fraksi asetat daun tempuyung mampu menghambat hepatotoksisitas karbon tetraklorida (CCI 4 ) yang diberikan pada mencit jantan (Atiek Liestyaningsih, Fak. Farmasi UGM 1991)

Contoh Pemakaian
Radang Payudara
Tumbuhan tempuyung segar sebanyak 15g direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 – 3 kali sehari.

Bisul
Batang dan daun tempuyung segar secukupnya dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Air perasannya digunakan untuk mengompres bisul.

Darah Tinggi, Kandung Kencing dan Kandung Empedu Berbatu
Daun tempuyung segar sebanyak 5 lembar dicuci lalu diasapkan ebentar. Makan sebagai lalap bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari

Kencing Batu
Daun tempuyung kering sebanyak 250mg direbus dengan 250 cc air bersih sampai tersisa 150 cc. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum. Habiskan dalam sehari. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Daun tempuyung, daun Advokad (Persea america) , daun sawi tanah  (Nasturtium montanum), seluruhnya bahan segar sebanyak 5 lembar, dan 2 jari gula enau dicuci bersih lalu direbus dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 3/4 nya . Setelah dingin disaring. Air yang terkumpul diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Daun tempuyung dan daun keji beling (Strobilanthes crispus) segar masing-masing 5 lembar, jagung muda 6 buah dan 3 jari gula enau dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 3/4 nya. Setelah dingin disaring, lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Pendengaran berkurang (Tuli)
Herba tempuyung segar dicuci bersih lalu dibilas dengan air masak. Gilling sampia halus, lalu diperas dengan kain bersih. Airnya diteteskan pada elinga yang tuli. Lakukan 3 – 4 kali sehari.

CHLOROPHYLL ZAT HIJAU DAUN

Chlorophyll berasal dari tanaman Alfalfa ditemukan di Arab. Chlorophyll bekerja dalam tubuh untuk memperbaiki sistem peredaran darah, membantu sistem pembuangan racun (detoxification), memperkuat sistem syaraf-syaraf dan otot-otot, serta menjaga keseimbangan fungsi paru-paru dan jantung.

Manfaat Chlorophyll membantu dan meringankan masalah kesehatan, asma, anemia, keletihan dan penat, tekanan darah, membuang racun pada hati, masalah keracunan, cepat mengantuk, menopouse, PMS (Pre Menstrual Syndrome), sembelit, kencing manis, nyeri sendi dan nafas tersengal-sengal, dan lain-lain.

Cairan tubuh yang menjadi semakin acidic atau asam adalah awal dari masalah utama kesehatan yang menyebabkan kondisi tubuh memburuk dan penuaan dini. Penumpukan racun, dehidrasi pada sel dan kadar pH yang acidic mengakibatkan tubuh kita mudah terserang penyakit, seperti pengentalan darah, sirkulasi darah tidak lancar, oksigen dalam darah berkurang, kencing manis, jantung, hipertensi, dll.

Keunikan dari klorofil adalah struktur kimianya yang sama dengan struktur kimia sel darah merah terutama dengan Haemoglobin manusia. Hemoglobin adalah elemen penting dalam darah yang salah satu fungsinya adalah sebagai pengikat dan transportasi oksigen di dalam darah.

Oleh sebab itu klorofil merupakan satu-satunya molekul di dunia ini yang secara alamiah dapat diterima dengan cepat oleh tubuh sehingga klorofil menjadi nutrisi vital bagi tubuh manusia. Kutipan dari Tim O?Shea dalam bukunya The Sancity of Human Blood :

“Klorofil merupakan satu-satunya molekul yang dapat diterima oleh tubuh karena kesamaannya dengan struktur hemoglobin sehingga memiliki potensi yang tinggi dalam meningkatkan ketahanan tubuh manusia”

Klorofil memiliki fungsi utama sebagai berikut :

  • Cleansing
    Detoksifikasi / membuang racun seperti sisa-sisa metabolisme, bahan pengawet, penyedap, pestisida, formalin, asam urat, kolesterol, logam berat, nikotin, dll dari dalam tubuh.
  • Balancing
    Menyeimbangkan kadar asam dan basa di dalam tubuh, sistem hormonal, tekanan darah dan kadar gula darah.
  • Activating
    Membantu mempercepat regenerasi sel darah merah, menambah energi, memberi nutrisi, meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan menghambat proses oksidasi (sebagai antioksidan).

Gold Chlorophyll

Keunggulan Gold Chlorophyll

1. Gold Chlorophyll diambil dari tumbuhan Alfalfa yang berasal dari Arab

Selain kaya akan klorofil dan protein, Alfalfa juga kaya akan vitamin, mineral dan 8 asam amino essensial.

2. Mengandung Inulin

Inulin (serat yang tidak bisa dicerna) merupakan prebiotik yang merangsang pertumbuhan dan aktivitas beragam jenis bakteri usus (sebagai makanan bagi flora usus) sehingga dapat memelihara sistem pencernaan dengan baik. Inulin juga digunakan sebagai pengganti gula dan penurun kalori makanan. Karena sifatnya yang tidak bisa dicerna maka inulin cocok untuk penderita kencing manis (diabetes).

3. Mengandung ekstrak lemon

Dengan rasa lemon membuat cita rasa Gold Chlorophyll menjadi lebih enak dan harum.
4. Lebih stabil dalam bentuk serbuk

Gold Chlorophyll diproses dalam bentuk serbuk sehingga lebih stabil dan memiliki daya simpan lebih lama serta mudah dibawa karena dikemas dalam bentuk sachet.

Manfaat Gold Chlorophyll

  • Mencegah anemia (meningkatkan sel-sel darah merah).
  • Membersihkan jaringan usus dan ampas (termasuk parasit dan bakteri, zat-zat kimia yang bersifat racun), logam berat dari liver, lendir atau mucus dari paru-paru, kristal asam dari sendi, kelebihan kolesterol dan lemak jenuh dari arteri (penyebab gangguan jantung).
  • Membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan.
  • Secara efisien melepaskan magnesium dan membantu darah membawa oksigen ke semua sel-sel tubuh.
  • Memberikan nutrisi protein pada otak.
  • Meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan menguatkan Haemoglobin darah.
  • Menguatkan sistem peredaran darah, organ reproduksi, pernafasan dan pencernaan.
  • Merangsang produksi sel-sel darah merah dan sel darah putih serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Menghambat pertumbuhan bakteri dan infeksi jamur di saluran pencernaan.
  • Meningkatkan fungsi usus untuk membuang sisa-sisa makanan dan mencegah terjadinya sembelit.
  • Membantu menetralkan polusi yang masuk melalui pernafasan ataupun makanan.
  • Menjaga keseimbangan pH cairan tubuh.
  • Sebagai antioksidan yang tinggi, baik untuk melawan sel-sel kanker dan radikal bebas.
  • Mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dan pencegahan formasi radikal bebas.
  • Berperan sebagai deodorant dalam mengurangi bau mulut, air seni, sisa pembuangan serta bau badan.
  • Melindungi tubuh melawan racun-racun serta mengurangi efek samping obat.

 

HIERTENSI PENYEBAB DAN PENGOBATANNYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: