format portofolio sertifikasi guru

 

DOKUMEN PORTOFOLIO

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Disusun Oleh :

 

Nama                  :

NUPTK                :

Nomor Peserta     :

NIP                     :

Pangkat/Gol.Ruang:

Jabatan                :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEKOLAH LUAR BIASA ……………….

KABUPATEN BANDUNG BARAT

PROVINSI JAWA BARAT

TAHUN 2008

 

 

IDENTITAS PESERTA

 

 

1.  Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

 

2.  NUPTK

:

 

3.  Nomor Peserta

:

4.  NIP/NIK

:

 

5.  Pangkat/Golongan

:

 

6.  Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.  Tempat, tgl lahir

:

 

8.  Pendidikan Terakhir

:

 

9.  Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

  1. Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

 

  1. Alamat Sekolah

:

 

 

 

 

  1. Kecamatan

:

 

  1. Kabupaten/Kota

:

 

  1. Provinsi

:

 

  1. No. Telp. Sekolah

:

 

  1. Alamat e-mail

:

 

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

 

  1. Mata Pelajaran /Guru Kelas TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB*)

:

 

  1. Beban Mengajar per Minggu

:

 

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

Bandung ,  22 April   2008

 

Mengetahui:

Penyusun,

Pengawas Sekolah PLB,

 

 

 

 

 

Drs. H.E. TARMEDI, M.Pd.

NIP. 130542651

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

AGUS KUSWANA, S.Pd.

NIP. 131408325

 

 

 

 

 

 

 

Dra. TINI YUNIATIN

NIP 131172050

 


KOMPONEN PORTOFOLIO

  1. 1. Kualifikasi akademik

 

Tuliskan riwayat pendidikan tinggi Bapak/Ibu pada tabel berikut.

NO.

JENJANG

PERG. TINGGI

FAKULTAS

JURUSAN/ PRODI

TAHUN LULUS

SKOR

(diisi penilai)

a.

D4

 

 

 

 

 

b.

S1

 

 

 

 

 

S2

 

 

 

 

 

d.

S3

 

 

 

 

 

Catatan:

a.   Jika mempunyai S1, D4, S2 atau S3 lebih dari satu agar dituliskan semua

  1. a. Lampirkan foto kopi ijazah yang tertulis pada tabel tersebut yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah atau oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk ijazah luar negeri. Dalam kasus tertentu seorang guru bertugas di daerah yang jauh (di luar provinsi) dari tempat asal perguruan tinggi, dapat dilegalisasi oleh kepala sekolah dan kepala dinas kabupaten/kota.

  1. 2. Pendidikan dan Pelatihan

Tuliskan pengalaman mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) Bapak/Ibu pada tabel berikut.

NO.

NAMA / JENIS DIKLAT

TEMPAT

WAKTU PELAKSANAAN

(…… jam)

PENYELENG­-GARA

SKOR

(diisi penilai)

 

 

 

 

 

b.

 

 

 

 

 

c.

 

 

 

 

 

d.

 

 

 

 

 

e.

 

 

 

 

 

f.

 

 

 

 

 

g.

 

 

 

 

 

h.

 

 

 

 

 

i.

 

 

 

 

 

Catatan:

Lampirkan sertifikat, piagam, atau surat keterangan yang tertulis dalam tabel yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung untuk bundel kedua

  1. 3. Pengalaman Mengajar

Tuliskan pengalaman mengajar Bapak/Ibu pada tabel berikut ini.

NO.

NAMA SEKOLAH

BIDANG STUDI / GURU KELAS

LAMA MENGAJAR

(mulai tahun …… s.d. tahun ……..)

 

 

 

 

 

 

b.

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi SK pengangkatan menjadi guru baik PNS maupun non PNS yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.

Kumulatif lama mengajar: ……………………….. tahun;  skor: ……….   (diisi penilai)

  1. 4. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran

a. Perencanaan Pembelajaran

Tuliskan lima jenis RPP/RP/SP terbaik yang pernah Bapak/Ibu buat dari semester dan materi yang berbeda.

NO

MATA PELAJARAN

MATERI/KOMPETENSI

SEMESTER

TAHUN

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

 

 

 

2)

 

 

 

 

 

 

3)

 

 

 

 

 

 

4)

 

 

 

 

 

 

5)

 

 

 

 

 

 

Rata-rata skor

………..

Catatan:

Lampirkan bukti lima RPP/RP/SP yang tertulis dalam tabel yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung

b.   Pelaksanaan Pembelajaran

Bukti fisik yang dilampirkan berupa dokumen hasil penilaian oleh kepala sekolah dan/atau pengawas tentang kinerja Bapak/Ibu dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas (instrumen penilaian terlampir).

 

Lampirkan hasil penilaian kepala sekolah dan/atau pengawas tentang kinerja pelaksanaan pembelajaran Bapak/Ibu sebagaimana dimaksud di atas dalam amplop tertutup.

 

Skor pelaksanaan pembelajaran (diambil dari amplop tertutup): ………………… (diisi penilai)

5. Penilaian dari atasan dan pengawas

Bukti fisik yang dilampirkan berupa dokumen hasil penilaian dari atasan dan pengawas tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial Bapak/Ibu dengan menggunalan Format Penilaian Atasan (format terlampir).

Lampirkan hasil penilaian dari atasan sebagaimana dimaksud di atas dalam amplop tertutup.

Skor penilaian atasan dan pengawas (diambil dari amplop tertutup): …………… (diisi penilai)

 

 

6. Prestasi Akademik

a. Lomba dan karya akademik

Tuliskan prestasi Bapak/Ibu mengikuti lomba dan karya akademik (jika ada) yang meliputi: nama lomba/karya akademik, waktu pelaksanaan, tingkat (kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, internasional), dan penyelenggara pada tabel berikut.

 

NO

NAMA LOMBA/

KEJU­A­RA­AN

WAKTU PELAKSANAAN

TINGKAT

PENYE-LENGGARA

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

 

 

2)

 

 

 

 

 

3)

 

 

 

 

 

4)

 

 

 

 

 

5)

 

 

 

 

 

6)

 

 

 

 

 

7)

 

 

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi sertfikat/piagam/surat keterangan kegiatan yang tertulis di atas yang telah dilegalisasi oleh atasan.

b. Sertifikat Keahlian/Keterampilan

Tuliskan sertifikat keahlian/keterampilan yang Bapak/Ibu peroleh baik dari lembaga/institusi dalam maupun luar negeri pada tabel berikut :

NO

NAMA SERTIFIKAT/

KEAHLIAN

WAKTU PEROLEHAN

TINGKAT

**)

LEMBAGA YANG MENGELUAR-

KAN

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

 

 

2)

 

 

 

 

 

3)

 

 

 

 

 

4)

 

 

 

 

 

5)

 

 

 

 

 

6)

 

 

 

 

 

7)

 

 

 

 

 

Catatan:

*) Termasuk sertifikat asesor uji kompetensi keahlian/keterampilan

**) Tuliskan internasional, nasional, atau regional

Lampirkan foto copy sertifikat yang tertulis di atas yang telah dilegalisasi oleh atasan.

 

c. Pembimbingan teman sejawat

Tuliskan pengalaman Bapak/Ibu menjadi Instruktur/Guru inti/Tutor/Pemandu/ Pamong PPL (jika pernah) pada tabel berikut.

NO.

MATA PELAJARAN/

BIDANG STUDI/MATERI

INSTRUKTUR/GURU INTI/TUTOR /PEMANDU/PAMONG PPL

TEMPAT

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

 

2)

 

 

 

 

3)

 

 

 

 

4)

 

 

 

 

5)

Dst.

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi SK/Surat Tugas dari Pejabat yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan. Untuk instruktur, guru inti, dan guru pemandu agar dilengkapi dengan foto kopi sertifikat/piagam TOT sesuai bidang tersebut. Tutor yang dimaksud adalah tutor kejar paket A, B, dan C.

d.   Pembimbingan siswa

1)  Apabila Bapak/Ibu pernah menjadi pembimbing siswa sampai mendapatkan penghargaan baik tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, maupun internasional dalam kegiatan akademik dan/atau prestasi, isilah tabel berikut .

 

NO.

NAMA KEJUARAAN

TINGKAT

TEMPAT DAN WAKTU

SKOR

(diisi penilai)

a)

 

 

 

 

b)

 

 

 

 

c)

 

 

 

 

d)

 

 

 

 

e)

 

 

 

 

f)

 

 

 

 

g)

 

 

 

 

h)

 

 

 

 

i)

 

 

 

 

j)

Dst.

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi sertifikat/piagam kejuaraan siswa yang dibimbing dan SK/surat tugas dari pejabat yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan.

 

 

2) Apabila Bapak/Ibu pernah menjadi pembimbing siswa (tidak mencapai juara) dalam kegiatan akademik dan/atau prestasi, isilah tabel di bawah ini

NO.

NAMA KEGIATAN

TEMPAT

LAMA (WAKTU PEMBIMBINGAN)

SKOR

(diisi penilai)

a)

 

 

 

 

b)

 

 

 

 

c)

 

 

 

 

d)

 

 

 

 

e)

 

 

 

 

f)

 

 

 

 

g)

 

 

 

 

h)

 

 

 

 

i)

Dst

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan/surat tugas dari pejabat yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan.

 

 

7. Karya Pengembangan Profesi

a. Karya Tulis

Apabila Bapak/Ibu mempunyai karya tulis yang berupa buku, artikel (jurnal/ majalah/koran), modul, dan buku dicetak lokal, tuliskan judul buku dan keterangan lainnya pada tabel berikut ini.

NO.

JUDUL

JENIS *)

PENERBIT

TAHUN TERBIT

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

Dst.

Catatan:

*)Jenis pada tabel di atas diisi buku, artikel (jurnal/majalah/koran), modul, atau buku dicetak lokal

Lampirkan bukti fisik yang relevan

b. Penelitian

Apabila Bapak/Ibu pernah melakukan penelitian tindakan kelas atau penelitian yang mendukung peningkatan pembelajaran dan atau profesional guru, tuliskan judul penelitian dan keterangan lainnya pada tabel berikut.

NO.

JUDUL

TAHUN

SUMBER DANA

STATUS (KETUA/ANGGOTA)

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

 

7)

 

8)

 

9)

Dst.

Catatan:

Lampirkan naskah asli/foto kopi laporan hasil penelitian secara utuh yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung. Skripsi, tesis, dan disertasi serta tugas akhir lainnya tidak dinilai.

c. Reviewer buku dan/atau penulis soal EBTANAS/UN

Apabila Bapak/Ibu pernah menjadi reviewer buku dan/atau penulis soal EBTANAS/UN/UASDA, isilah tabel berikut ini

NO.

NAMA KEGIATAN

TAHUN

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

8)

9)

Dst.

Catatan:

Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan/surat tugas dari pihak yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan.

d.   Media dan Alat Pembelajaran

Apabila Bapak/Ibu pernah membuat media atau alat pembelajaran, tuliskan jenis media/alat dan keterangan lainnya pada tabel berikut.

NO.

JENIS MEDIA/ALAT

TAHUN

SUMBER DANA

STATUS (KETUA/ANGGOTA)

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

8)

9)

Dst.

Catatan:

Lampirkan surat keterangan dati atasan langsung disertai bukti fisik yang relevan, misalnya media yang dibuat atau foto hasil karya yang disertai manual dan/atau deskripsi yang dilegalisasi oleh atasan langsung.

 

e. Karya teknologi (teknologi tepat guna) dan karya seni (patung, kriya, lukis, sastra, musik, tari, dan karya seni lainnya)

Apabila Bapak/Ibu pernah membuat karya teknologi (teknologi tepat guna) dan karya seni (patung, kriya, lukis, sastra, musik, suara, tari dan karya seni lainnya)  tuliskan nama dan tahun karya tersebut dalam tabel berikut.

NO.

NAMA KARYA

TAHUN

DESKRIPSI SINGKAT TENTANG KARYA YANG DIHASILKAN

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

Dst.

Catatan:

Lampirkan surat keterangan dari atasan langsung disertai bukti fisik yang relevan, misalnya : hasil karya atau foto hasil karya yang disertai manuaal dan/atau deskripsi yang dilegalisasi oleh atasan langsung.

8. Keikutsertaan dalam forum ilmiah

Jika Bapak/Ibu pernah mengikuti forum ilmiah tuliskan judul dan keterangan lainnya pada tabel berikut

NO.

JENIS KEGIATAN

TAHUN

PERAN *)

TINGKAT

(Inter/Nas/Lokal)

SKOR

(diisi penilai)

 

 

 

 

Dst

Catatan:

*) Kolom peran diisi pemakalah, atau peserta sesuai sertifikat

Lampirkan foto kopi sertifikat/piagam atau sejenisnya yang asli untuk bendel pertama dan foto kopynya yang telah dilegaalisasi oleh atasan langsung untuk bendel kedua. Apabila menjadi nara sumber/pemakalah lampirkan juga makalahnya.

9. Pengalaman menjadi pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial

a. Pengalaman Organisasi

Apabila Bapak/Ibu memiliki pengalaman menjadi pengurus suatu organisasi kependidikan atau organisasi sosial, tuliskan nama organisasinya dan keterangan lainnya pada tabel berikut.

NO.

NAMA ORGANISASI

TAHUN

JABATAN

TINGKAT *)

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

8)

Dst

Catatan:

*) Kolom tingkat diisi: kecamatan, kabupaten/kota, nasional, atau  internasional

Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan dari pihak yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan.

b. Pengalaman Mendapat Tugas Tambahan

Apabila Bapak/Ibu pernah mendapat tugas tambahan antara lain sebagai kepala/wakil kepala sekolah/kepala bengkel/kepala lab/wali kelas/pembina kegiatan ekstra kurikuler, isilah tabel berikut.

NO.

JABATAN

TH —-  S/D  TH —–

NAMA SEKOLAH

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

2)

 

 

 

3)

 

 

 

 

4)

 

 

 

\

Catatan:

Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan/bukti yang relevan dari pihak yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan.

10. Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan

a. Penghargaan

Apabila bapak/Ibu pernah menerima penghargaan di bidang pendidikan, isilah tabel berikut ini.

NO.

JENIS PENGHARGAAN

PEMBERI PENGHARGAAN

TINGKAT *)

TAHUN

SKOR

(diisi penilai)

1)

Satyalancana Karya Satya

Presiden Republik Indonesia

Nasional

2006

2)

3)

4)

5)

6)

7)

Dst.

Catatan:

*)Kolom tingkat diisi: kecamatan, kabupaten/kota, nasional, atau  internasional

Lampirkan sertifikat/piagam/surat keterangan yang tertulis pada tabel di atas yang telah dilegalisasi oleh atasan.

b. Penugasan Di Daerah Khusus

Apabila Babak/Ibu pernah ditugaskan sebagai guru di daerah khusus (daerah terpencil/tertinggal/ bencana/konflik/perbatasan), isilah tabel berikut.

 

NO.

LOKASI

JENIS DAERAH KHUSUS

LAMA BERTUGAS

(MULAI TH ….. s/d TH …..)

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

 

2)

 

 

 

 

3)

 

 

 

 

4)

 

 

 

 

5)

 

 

 

 

6)

 

 

 

 

7)

Dst.

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi SK penugasan yang telah dilegalisasi oleh atasan.

 

 

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa pernyataan dan dokumen di dalam portofolio ini benar-benar hasil karya saya sendiri, dan jika di kemudian hari ternyata pernyataan dan dokumen saya tidak benar, saya bersedia menerima sanksi dan dampak hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Bandung, 22 April  2008

Peserta sertifikasi,

 

 

 

 

(……………………………………..)

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Oleh Penilai (Asesor)

 

IDENTITAS PESERTA

 

  1. Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

Dra. TINI YUNIATIN

2.   NUPTK

:

7955739640300022

3.   Nomor Peserta

:

08020880012350

4.   NIP/NIK

:

131172050

5.   Pangkat/Golongan

:

Pembina, IV/a

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

Ciamis, 23 Juni  1961

8.   Pendidikan Terakhir

:

S1 Jurusan BP Tahun 1986

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

a.  Nama

:

SLB-BC Roudhotul Zannah

b.  Alamat Sekolah

:

Jl. Terusan Kopo KM. 15

 

 

Kelurahan/Desa Sekarwangi

  1. Kecamatan

:

Cingcin

d.  Kabupaten/Kota

:

Kabupaten Bandung

e.  Provinsi

:

Jawa Barat

  1. No. Telp. Sekolah

:

(022) 5891090

g.  Alamat e-mail

:

h.  Nomor Statistik Sekolah

:

802020815002

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB

:

Guru Kelas SDLB

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

36 Jam

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan criteria sebagai berikut.

1                    = sangat tidak baik

2                    = tidak baik

3                    = kurang baik

4                    = baik

5                    =sangat baik

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1

Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)

1   2   3   4   5

2

Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)

1   2   3   4   5

3

Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)

1   2   3   4   5

4

Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)

1   2   3   4   5

5

Kejelasan scenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran: awal, inti dan penutup)

1   2   3   4   5

6

Kerincian scenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)

1   2   3   4   5

7

Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran

1   2   3   4   5

8

Kelengkapan instrument (soal, kunci, pedoman penskoran)

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

………………………, ……………………………………

Penilai,

 

 

 

 

(……………………………………………………………)

NIP/NIK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian

Pelaksanaan Pembelajaran

Kepala Sekolah dan Pengawas

 

IDENTITAS PESERTA

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

Dra. TINI YUNIATIN

2.   NUPTK

:

7955739640300022

3.   Nomor Peserta

:

08020880012350

4.   NIP/NIK

:

131172050

5.   Pangkat/Golongan

:

Pembina, IV/a

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

Ciamis, 23 Juni  1961

8.   Pendidikan Terakhir

:

S1 Jurusan BP Tahun 1986

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

SLB-BC Roudhotul Zannah

  1. Alamat Sekolah

:

Jl. Terusan Kopo KM. 15

 

 

Kelurahan/Desa Sekarwangi

  1. Kecamatan

:

Cingcin

  1. Kabupaten/Kota

:

Kabupaten Bandung

  1. Provinsi

:

Jawa Barat

  1. No. Telp. Sekolah

:

(022) 5891090

  1. Alamat e-mail

:

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

802020815002

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB

:

Guru Kelas SDLB

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

36 Jam

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan criteria sebagai berikut.

1           = sangat tidak baik

2           = tidak baik

3           = kurang baik

4           = baik

5           = sangat baik

 

NO.

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

Skor

 

 

 

I

PRA PEMBELAJARAN

1

Mempersiapkan siswa untuk belajar

1   2   3   4   5

2

Melakukan kegiatan apersepsi

1   2   3   4   5

 

 

 

II

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A

Penugasan materi pelajaran

3

Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran

1   2   3   4   5

4

Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

1   2   3   4   5

5

Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa

1   2   3   4   5

6

Mengaitkan materi dengan realita kehidupan

1   2   3   4   5

 

 

 

B

Pendekatan/strategi pembelajaran

7

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yanga akn dicapai dan karakteristik siswa

1   2   3   4   5

8

Melaksanakan pembelajaran secara runtut

1   2   3   4   5

9

Menguasai kelas

1   2   3   4   5

10

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

1   2   3   4   5

11

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

1   2   3   4   5

12

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan

1   2   3   4   5

 

 

 

C

Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

 

13

Menggunakan media secara efektif dan efisien

1   2   3   4   5

14

Menghasilkan pesan yang menarik

1   2   3   4   5

15

Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media

1   2   3   4   5

 

 

 

D

Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16

Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

1   2   3   4   5

17

Menunjukkan sikap terbuka terhadap rspons siswa

1   2   3   4   5

18

Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar

1   2   3   4   5

 

 

 

E

Penilaian proses dan hasil belajar

19

Memantau kemajuan belajar selama proses

1   2   3   4   5

20

Melakukan penilaian akhir  sesuai dengan kompetensi (tujuan)

1   2   3   4   5

NO

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

SKOR

F

Penggunaan bahasa

21

Menggunakan bahasa lisan dan tulisan secara jelas, baik dan benar

1   2   3   4   5

22

Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

1   2   3   4   5

 

 

 

III

Penutup

23

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

1   2   3   4   5

24

Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya

 

…………………….., …………………………

Penilai,                                                 Penilai,

 

 

 

 

(………………………………………………)       (………………………………………………….)

NIP/NIK.                                              NIP/NIK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian dari Atasan dan Pengawas

 

IDENTITAS PESERTA

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

Dra. TINI YUNIATIN

2.   NUPTK

:

7955739640300022

3.   Nomor Peserta

:

08020880012350

4.   NIP/NIK

:

131172050

5.   Pangkat/Golongan

:

Pembina, IV/a

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

Ciamis, 23 Juni  1961

8.   Pendidikan Terakhir

:

S1 Jurusan BP Tahun 1986

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

SLB-BC Roudhotul Zannah

  1. Alamat Sekolah

:

Jl. Terusan Kopo KM. 15

 

 

Kelurahan/Desa Sekarwangi

  1. Kecamatan

:

Cingcin

  1. Kabupaten/Kota

:

Kabupaten Bandung

  1. Provinsi

:

Jawa Barat

n.  No. Telp. Sekolah

:

(022) 5891090

  • o.  Alamat e-mail

:

p.  Nomor Statistik Sekolah

:

802020815002

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB

:

Guru Kelas SDLB

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

36 Jam

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah penilaian kompetensi kepribadian dan sosial guru, dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1.        = sangat tidak baik/sangat rendah

2.        = tidak baik/rendah

3.       = kurang baik/kurang tinggi

4.        = baik/tinggi

5.        = sangat baik/sangat tinggi

 

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1

Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut, missal : orang muslim rajin menjalankan shalat, orang Kristen rajin ke gereja, dll.)

1   2   3   4   5

2

Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misal : melaksanakan pembelajaran dengan baik dan  sesuai jadwal)

1   2   3   4   5

3

Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal : ijin tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya)

1   2   3   4   5

4

Kedisiplinan (Kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, missal : mulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal)

1   2   3   4   5

5

Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku  bagi orang lain, misal : menjadi teladan  bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian dll.)

1   2   3   4   5

6

Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan menaati kaidah-kaidah dalam tugas)

1   2   3   4   5

7

Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas)

1   2   3   4   5

8

Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain)

1   2   3   4   5

9

Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran, misal : dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat)

1   2   3   4   5

10

Kemampuan bekerjasama

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

 

 

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.

 

……………………., …………………………….

Pengawas                                            Kepala Sekolah,

 

 

 

 

(………………………………………….)          (…………………………………………………..) NIP/NIK.                                              NIP/NIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IDENTITAS PESERTA

 

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

 

2.  NUPTK

:

 

3.  Nomor Peserta

:

4.  NIP/NIK

:

 

5.  Pangkat/Golongan

:

 

6.  Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.  Tempat, tgl lahir

:

 

8.  Pendidikan Terakhir

:

 

9.  Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10. Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

 

  1. Alamat Sekolah

:

 

 

 

 

  1. Kecamatan

:

 

  1. Kabupaten/Kota

:

 

  1. Provinsi

:

 

  1. No. Telp. Sekolah

:

 

  1. Alamat e-mail

:

 

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

 

11. Mata Pelajaran /Guru Kelas TKLB/

SDLB/SMPLB/SMALB*)

:

 

12. Beban Mengajar per Minggu

:

 

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

Bandung ,  22 April   2008

 

Mengetahui:

Penyusun,

Pengawas Sekolah PLB,

 

 

 

 

 

…………………………………..

NIP.

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

…………………………………….

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

……………………………………….

NIP.

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Oleh Penilai (Asesor)

 

IDENTITAS PESERTA

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

 

2.   NUPTK

:

 

3.   Nomor Peserta

:

4.   NIP/NIK

:

 

5.   Pangkat/Golongan

:

 

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

 

8.   Pendidikan Terakhir

:

 

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

 

  1. Alamat Sekolah

:

 

 

 

 

  1. Kecamatan

:

 

  1. Kabupaten/Kota

:

 

  1. Provinsi

:

 

  1. No. Telp. Sekolah

:

 

  1. Alamat e-mail

:

 

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

 

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB*)

:

 

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

 

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan criteria sebagai berikut.

1        = sangat tidak baik

2        = tidak baik

3        = kurang baik

4        = baik

5        = sangat baik

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1

Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)

1   2   3   4   5

2

Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)

1   2   3   4   5

3

Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)

1   2   3   4   5

4

Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)

1   2   3   4   5

5

Kejelasan scenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran: awal, inti dan penutup)

1   2   3   4   5

6

Kerincian scenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)

1   2   3   4   5

7

Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran

1   2   3   4   5

8

Kelengkapan instrument (soal, kunci, pedoman penskoran)

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

………………………, ……………………………………

Penilai,

 

 

 

 

(……………………………………………………………)

NIP/NIK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian

Pelaksanaan Pembelajaran

Kepala Sekolah dan Pengawas

 

IDENTITAS PESERTA

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

 

2.   NUPTK

:

 

3.   Nomor Peserta

:

4.   NIP/NIK

:

 

5.   Pangkat/Golongan

:

 

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

 

8.   Pendidikan Terakhir

:

 

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

 

  1. Alamat Sekolah

:

 

 

 

 

  1. Kecamatan

:

 

  1. Kabupaten/Kota

:

 

  1. Provinsi

:

 

  1. No. Telp. Sekolah

:

 

  1. Alamat e-mail

:

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

 

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB*)

:

 

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

 

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan criteria sebagai berikut.

1                    = sangat tidak baik

2                    = tidak baik

3                    = kurang baik

4                    = baik

5                    = sangat baik

 

NO.

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

Skor

 

 

 

I

PRA PEMBELAJARAN

1

Mempersiapkan siswa untuk belajar

1   2   3   4   5

2

Melakukan kegiatan apersepsi

1   2   3   4   5

 

 

 

II

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A

Penugasan materi pelajaran

3

Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran

1   2   3   4   5

4

Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

1   2   3   4   5

5

Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa

1   2   3   4   5

6

Mengaitkan materi dengan realita kehidupan

1   2   3   4   5

 

 

 

B

Pendekatan/strategi pembelajaran

7

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yanga akn dicapai dan karakteristik siswa

1   2   3   4   5

8

Melaksanakan pembelajaran secara runtut

1   2   3   4   5

9

Menguasai kelas

1   2   3   4   5

10

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

1   2   3   4   5

11

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

1   2   3   4   5

12

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan

1   2   3   4   5

 

 

 

C

Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

 

13

Menggunakan media secara efektif dan efisien

1   2   3   4   5

14

Menghasilkan pesan yang menarik

1   2   3   4   5

15

Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media

1   2   3   4   5

 

 

 

D

Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16

Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

1   2   3   4   5

17

Menunjukkan sikap terbuka terhadap rspons siswa

1   2   3   4   5

18

Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar

1   2   3   4   5

 

 

 

E

Penilaian proses dan hasil belajar

19

Memantau kemajuan belajar selama proses

1   2   3   4   5

20

Melakukan penilaian akhir  sesuai dengan kompetensi (tujuan)

1   2   3   4   5

NO

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

SKOR

F

Penggunaan bahasa

21

Menggunakan bahasa lisan dan tulisan secara jelas, baik dan benar

1   2   3   4   5

22

Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

1   2   3   4   5

 

 

 

III

Penutup

23

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

1   2   3   4   5

24

Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya

 

…………………….., …………………………

Penilai,                                                 Penilai,

 

 

 

 

(………………………………………………)       (………………………………………………….)

NIP/NIK.                                              NIP/NIK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian dari Atasan dan Pengawas

 

IDENTITAS PESERTA

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

 

2.   NUPTK

:

 

3.   Nomor Peserta

:

4.   NIP/NIK

:

 

5.   Pangkat/Golongan

:

 

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

 

8.   Pendidikan Terakhir

:

 

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

 

  1. Alamat Sekolah

:

 

 

 

 

  1. Kecamatan

:

 

  1. Kabupaten/Kota

:

 

  1. Provinsi

:

 

  1. No. Telp. Sekolah

:

 

  1. Alamat e-mail

:

 

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

 

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB*)

:

 

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

 

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah penilaian kompetensi kepribadian dan sosial guru, dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1.        = sangat tidak baik/sangat rendah

2.        = tidak baik/rendah

3.       = kurang baik/kurang tinggi

4.        = baik/tinggi

5.        = sangat baik/sangat tinggi

 

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1

Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut, missal : orang muslim rajin menjalankan shalat, orang Kristen rajin ke gereja, dll.)

1   2   3   4   5

2

Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misal : melaksanakan pembelajaran dengan baik dan  sesuai jadwal)

1   2   3   4   5

3

Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal : ijin tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya)

1   2   3   4   5

4

Kedisiplinan (Kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, missal : mulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal)

1   2   3   4   5

5

Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku  bagi orang lain, misal : menjadi teladan  bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian dll.)

1   2   3   4   5

6

Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan menaati kaidah-kaidah dalam tugas)

1   2   3   4   5

7

Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas)

1   2   3   4   5

8

Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain)

1   2   3   4   5

9

Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran, misal : dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat)

1   2   3   4   5

10

Kemampuan bekerjasama

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

 

 

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.

 

……………………., …………………………….

Pengawas                                            Kepala Sekolah,

 

 

 

 

(………………………………………….)          (…………………………………………………..) NIP/NIK.                                              NIP/NIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DOKUMEN PORTOFOLIO

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Disusun Oleh :

 

Nama                  :

NUPTK                :

Nomor Peserta     :

NIP                     :

Pangkat/Gol.Ruang:

Jabatan                :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEKOLAH LUAR BIASA ……………….

KABUPATEN BANDUNG BARAT

PROVINSI JAWA BARAT

TAHUN 2008

 

 

IDENTITAS PESERTA

 

 

1.  Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

 

2.  NUPTK

:

 

3.  Nomor Peserta

:

4.  NIP/NIK

:

 

5.  Pangkat/Golongan

:

 

6.  Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.  Tempat, tgl lahir

:

 

8.  Pendidikan Terakhir

:

 

9.  Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

  1. Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

 

  1. Alamat Sekolah

:

 

 

 

 

  1. Kecamatan

:

 

  1. Kabupaten/Kota

:

 

  1. Provinsi

:

 

  1. No. Telp. Sekolah

:

 

  1. Alamat e-mail

:

 

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

 

  1. Mata Pelajaran /Guru Kelas TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB*)

:

 

  1. Beban Mengajar per Minggu

:

 

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

Bandung ,  22 April   2008

 

Mengetahui:

Penyusun,

Pengawas Sekolah PLB,

 

 

 

 

 

Drs. H.E. TARMEDI, M.Pd.

NIP. 130542651

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

AGUS KUSWANA, S.Pd.

NIP. 131408325

 

 

 

 

 

 

 

Dra. TINI YUNIATIN

NIP 131172050

 


KOMPONEN PORTOFOLIO

  1. 1. Kualifikasi akademik

 

Tuliskan riwayat pendidikan tinggi Bapak/Ibu pada tabel berikut.

NO.

JENJANG

PERG. TINGGI

FAKULTAS

JURUSAN/ PRODI

TAHUN LULUS

SKOR

(diisi penilai)

a.

D4

 

 

 

 

 

b.

S1

 

 

 

 

 

S2

 

 

 

 

 

d.

S3

 

 

 

 

 

Catatan:

a.   Jika mempunyai S1, D4, S2 atau S3 lebih dari satu agar dituliskan semua

  1. a. Lampirkan foto kopi ijazah yang tertulis pada tabel tersebut yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah atau oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk ijazah luar negeri. Dalam kasus tertentu seorang guru bertugas di daerah yang jauh (di luar provinsi) dari tempat asal perguruan tinggi, dapat dilegalisasi oleh kepala sekolah dan kepala dinas kabupaten/kota.

  1. 2. Pendidikan dan Pelatihan

Tuliskan pengalaman mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) Bapak/Ibu pada tabel berikut.

NO.

NAMA / JENIS DIKLAT

TEMPAT

WAKTU PELAKSANAAN

(…… jam)

PENYELENG­-GARA

SKOR

(diisi penilai)

 

 

 

 

 

b.

 

 

 

 

 

c.

 

 

 

 

 

d.

 

 

 

 

 

e.

 

 

 

 

 

f.

 

 

 

 

 

g.

 

 

 

 

 

h.

 

 

 

 

 

i.

 

 

 

 

 

Catatan:

Lampirkan sertifikat, piagam, atau surat keterangan yang tertulis dalam tabel yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung untuk bundel kedua

  1. 3. Pengalaman Mengajar

Tuliskan pengalaman mengajar Bapak/Ibu pada tabel berikut ini.

NO.

NAMA SEKOLAH

BIDANG STUDI / GURU KELAS

LAMA MENGAJAR

(mulai tahun …… s.d. tahun ……..)

 

 

 

 

 

 

b.

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi SK pengangkatan menjadi guru baik PNS maupun non PNS yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.

Kumulatif lama mengajar: ……………………….. tahun;  skor: ……….   (diisi penilai)

  1. 4. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran

a. Perencanaan Pembelajaran

Tuliskan lima jenis RPP/RP/SP terbaik yang pernah Bapak/Ibu buat dari semester dan materi yang berbeda.

NO

MATA PELAJARAN

MATERI/KOMPETENSI

SEMESTER

TAHUN

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

 

 

 

2)

 

 

 

 

 

 

3)

 

 

 

 

 

 

4)

 

 

 

 

 

 

5)

 

 

 

 

 

 

Rata-rata skor

………..

Catatan:

Lampirkan bukti lima RPP/RP/SP yang tertulis dalam tabel yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung

b.   Pelaksanaan Pembelajaran

Bukti fisik yang dilampirkan berupa dokumen hasil penilaian oleh kepala sekolah dan/atau pengawas tentang kinerja Bapak/Ibu dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas (instrumen penilaian terlampir).

 

Lampirkan hasil penilaian kepala sekolah dan/atau pengawas tentang kinerja pelaksanaan pembelajaran Bapak/Ibu sebagaimana dimaksud di atas dalam amplop tertutup.

 

Skor pelaksanaan pembelajaran (diambil dari amplop tertutup): ………………… (diisi penilai)

5. Penilaian dari atasan dan pengawas

Bukti fisik yang dilampirkan berupa dokumen hasil penilaian dari atasan dan pengawas tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial Bapak/Ibu dengan menggunalan Format Penilaian Atasan (format terlampir).

Lampirkan hasil penilaian dari atasan sebagaimana dimaksud di atas dalam amplop tertutup.

Skor penilaian atasan dan pengawas (diambil dari amplop tertutup): …………… (diisi penilai)

 

 

6. Prestasi Akademik

a. Lomba dan karya akademik

Tuliskan prestasi Bapak/Ibu mengikuti lomba dan karya akademik (jika ada) yang meliputi: nama lomba/karya akademik, waktu pelaksanaan, tingkat (kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, internasional), dan penyelenggara pada tabel berikut.

 

NO

NAMA LOMBA/

KEJU­A­RA­AN

WAKTU PELAKSANAAN

TINGKAT

PENYE-LENGGARA

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

 

 

2)

 

 

 

 

 

3)

 

 

 

 

 

4)

 

 

 

 

 

5)

 

 

 

 

 

6)

 

 

 

 

 

7)

 

 

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi sertfikat/piagam/surat keterangan kegiatan yang tertulis di atas yang telah dilegalisasi oleh atasan.

b. Sertifikat Keahlian/Keterampilan

Tuliskan sertifikat keahlian/keterampilan yang Bapak/Ibu peroleh baik dari lembaga/institusi dalam maupun luar negeri pada tabel berikut :

NO

NAMA SERTIFIKAT/

KEAHLIAN

WAKTU PEROLEHAN

TINGKAT

**)

LEMBAGA YANG MENGELUAR-

KAN

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

 

 

2)

 

 

 

 

 

3)

 

 

 

 

 

4)

 

 

 

 

 

5)

 

 

 

 

 

6)

 

 

 

 

 

7)

 

 

 

 

 

Catatan:

*) Termasuk sertifikat asesor uji kompetensi keahlian/keterampilan

**) Tuliskan internasional, nasional, atau regional

Lampirkan foto copy sertifikat yang tertulis di atas yang telah dilegalisasi oleh atasan.

 

c. Pembimbingan teman sejawat

Tuliskan pengalaman Bapak/Ibu menjadi Instruktur/Guru inti/Tutor/Pemandu/ Pamong PPL (jika pernah) pada tabel berikut.

NO.

MATA PELAJARAN/

BIDANG STUDI/MATERI

INSTRUKTUR/GURU INTI/TUTOR /PEMANDU/PAMONG PPL

TEMPAT

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

 

2)

 

 

 

 

3)

 

 

 

 

4)

 

 

 

 

5)

Dst.

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi SK/Surat Tugas dari Pejabat yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan. Untuk instruktur, guru inti, dan guru pemandu agar dilengkapi dengan foto kopi sertifikat/piagam TOT sesuai bidang tersebut. Tutor yang dimaksud adalah tutor kejar paket A, B, dan C.

d.   Pembimbingan siswa

1)  Apabila Bapak/Ibu pernah menjadi pembimbing siswa sampai mendapatkan penghargaan baik tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, maupun internasional dalam kegiatan akademik dan/atau prestasi, isilah tabel berikut .

 

NO.

NAMA KEJUARAAN

TINGKAT

TEMPAT DAN WAKTU

SKOR

(diisi penilai)

a)

 

 

 

 

b)

 

 

 

 

c)

 

 

 

 

d)

 

 

 

 

e)

 

 

 

 

f)

 

 

 

 

g)

 

 

 

 

h)

 

 

 

 

i)

 

 

 

 

j)

Dst.

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi sertifikat/piagam kejuaraan siswa yang dibimbing dan SK/surat tugas dari pejabat yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan.

 

 

2) Apabila Bapak/Ibu pernah menjadi pembimbing siswa (tidak mencapai juara) dalam kegiatan akademik dan/atau prestasi, isilah tabel di bawah ini

NO.

NAMA KEGIATAN

TEMPAT

LAMA (WAKTU PEMBIMBINGAN)

SKOR

(diisi penilai)

a)

 

 

 

 

b)

 

 

 

 

c)

 

 

 

 

d)

 

 

 

 

e)

 

 

 

 

f)

 

 

 

 

g)

 

 

 

 

h)

 

 

 

 

i)

Dst

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan/surat tugas dari pejabat yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan.

 

 

7. Karya Pengembangan Profesi

a. Karya Tulis

Apabila Bapak/Ibu mempunyai karya tulis yang berupa buku, artikel (jurnal/ majalah/koran), modul, dan buku dicetak lokal, tuliskan judul buku dan keterangan lainnya pada tabel berikut ini.

NO.

JUDUL

JENIS *)

PENERBIT

TAHUN TERBIT

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

Dst.

Catatan:

*)Jenis pada tabel di atas diisi buku, artikel (jurnal/majalah/koran), modul, atau buku dicetak lokal

Lampirkan bukti fisik yang relevan

b. Penelitian

Apabila Bapak/Ibu pernah melakukan penelitian tindakan kelas atau penelitian yang mendukung peningkatan pembelajaran dan atau profesional guru, tuliskan judul penelitian dan keterangan lainnya pada tabel berikut.

NO.

JUDUL

TAHUN

SUMBER DANA

STATUS (KETUA/ANGGOTA)

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

 

7)

 

8)

 

9)

Dst.

Catatan:

Lampirkan naskah asli/foto kopi laporan hasil penelitian secara utuh yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung. Skripsi, tesis, dan disertasi serta tugas akhir lainnya tidak dinilai.

c. Reviewer buku dan/atau penulis soal EBTANAS/UN

Apabila Bapak/Ibu pernah menjadi reviewer buku dan/atau penulis soal EBTANAS/UN/UASDA, isilah tabel berikut ini

NO.

NAMA KEGIATAN

TAHUN

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

8)

9)

Dst.

Catatan:

Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan/surat tugas dari pihak yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan.

d.   Media dan Alat Pembelajaran

Apabila Bapak/Ibu pernah membuat media atau alat pembelajaran, tuliskan jenis media/alat dan keterangan lainnya pada tabel berikut.

NO.

JENIS MEDIA/ALAT

TAHUN

SUMBER DANA

STATUS (KETUA/ANGGOTA)

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

8)

9)

Dst.

Catatan:

Lampirkan surat keterangan dati atasan langsung disertai bukti fisik yang relevan, misalnya media yang dibuat atau foto hasil karya yang disertai manual dan/atau deskripsi yang dilegalisasi oleh atasan langsung.

 

e. Karya teknologi (teknologi tepat guna) dan karya seni (patung, kriya, lukis, sastra, musik, tari, dan karya seni lainnya)

Apabila Bapak/Ibu pernah membuat karya teknologi (teknologi tepat guna) dan karya seni (patung, kriya, lukis, sastra, musik, suara, tari dan karya seni lainnya)  tuliskan nama dan tahun karya tersebut dalam tabel berikut.

NO.

NAMA KARYA

TAHUN

DESKRIPSI SINGKAT TENTANG KARYA YANG DIHASILKAN

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

Dst.

Catatan:

Lampirkan surat keterangan dari atasan langsung disertai bukti fisik yang relevan, misalnya : hasil karya atau foto hasil karya yang disertai manuaal dan/atau deskripsi yang dilegalisasi oleh atasan langsung.

8. Keikutsertaan dalam forum ilmiah

Jika Bapak/Ibu pernah mengikuti forum ilmiah tuliskan judul dan keterangan lainnya pada tabel berikut

NO.

JENIS KEGIATAN

TAHUN

PERAN *)

TINGKAT

(Inter/Nas/Lokal)

SKOR

(diisi penilai)

 

 

 

 

Dst

Catatan:

*) Kolom peran diisi pemakalah, atau peserta sesuai sertifikat

Lampirkan foto kopi sertifikat/piagam atau sejenisnya yang asli untuk bendel pertama dan foto kopynya yang telah dilegaalisasi oleh atasan langsung untuk bendel kedua. Apabila menjadi nara sumber/pemakalah lampirkan juga makalahnya.

9. Pengalaman menjadi pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial

a. Pengalaman Organisasi

Apabila Bapak/Ibu memiliki pengalaman menjadi pengurus suatu organisasi kependidikan atau organisasi sosial, tuliskan nama organisasinya dan keterangan lainnya pada tabel berikut.

NO.

NAMA ORGANISASI

TAHUN

JABATAN

TINGKAT *)

SKOR

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

8)

Dst

Catatan:

*) Kolom tingkat diisi: kecamatan, kabupaten/kota, nasional, atau  internasional

Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan dari pihak yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan.

b. Pengalaman Mendapat Tugas Tambahan

Apabila Bapak/Ibu pernah mendapat tugas tambahan antara lain sebagai kepala/wakil kepala sekolah/kepala bengkel/kepala lab/wali kelas/pembina kegiatan ekstra kurikuler, isilah tabel berikut.

NO.

JABATAN

TH —-  S/D  TH —–

NAMA SEKOLAH

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

2)

 

 

 

3)

 

 

 

 

4)

 

 

 

\

Catatan:

Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan/bukti yang relevan dari pihak yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan.

10. Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan

a. Penghargaan

Apabila bapak/Ibu pernah menerima penghargaan di bidang pendidikan, isilah tabel berikut ini.

NO.

JENIS PENGHARGAAN

PEMBERI PENGHARGAAN

TINGKAT *)

TAHUN

SKOR

(diisi penilai)

1)

Satyalancana Karya Satya

Presiden Republik Indonesia

Nasional

2006

2)

3)

4)

5)

6)

7)

Dst.

Catatan:

*)Kolom tingkat diisi: kecamatan, kabupaten/kota, nasional, atau  internasional

Lampirkan sertifikat/piagam/surat keterangan yang tertulis pada tabel di atas yang telah dilegalisasi oleh atasan.

b. Penugasan Di Daerah Khusus

Apabila Babak/Ibu pernah ditugaskan sebagai guru di daerah khusus (daerah terpencil/tertinggal/ bencana/konflik/perbatasan), isilah tabel berikut.

 

NO.

LOKASI

JENIS DAERAH KHUSUS

LAMA BERTUGAS

(MULAI TH ….. s/d TH …..)

SKOR

(diisi penilai)

1)

 

 

 

 

2)

 

 

 

 

3)

 

 

 

 

4)

 

 

 

 

5)

 

 

 

 

6)

 

 

 

 

7)

Dst.

 

 

 

Catatan:

Lampirkan foto kopi SK penugasan yang telah dilegalisasi oleh atasan.

 

 

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa pernyataan dan dokumen di dalam portofolio ini benar-benar hasil karya saya sendiri, dan jika di kemudian hari ternyata pernyataan dan dokumen saya tidak benar, saya bersedia menerima sanksi dan dampak hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Bandung, 22 April  2008

Peserta sertifikasi,

 

 

 

 

(……………………………………..)

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Oleh Penilai (Asesor)

 

IDENTITAS PESERTA

 

  1. Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

Dra. TINI YUNIATIN

2.   NUPTK

:

7955739640300022

3.   Nomor Peserta

:

08020880012350

4.   NIP/NIK

:

131172050

5.   Pangkat/Golongan

:

Pembina, IV/a

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

Ciamis, 23 Juni  1961

8.   Pendidikan Terakhir

:

S1 Jurusan BP Tahun 1986

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

a.  Nama

:

SLB-BC Roudhotul Zannah

b.  Alamat Sekolah

:

Jl. Terusan Kopo KM. 15

 

 

Kelurahan/Desa Sekarwangi

  1. Kecamatan

:

Cingcin

d.  Kabupaten/Kota

:

Kabupaten Bandung

e.  Provinsi

:

Jawa Barat

  1. No. Telp. Sekolah

:

(022) 5891090

g.  Alamat e-mail

:

h.  Nomor Statistik Sekolah

:

802020815002

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB

:

Guru Kelas SDLB

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

36 Jam

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan criteria sebagai berikut.

1                    = sangat tidak baik

2                    = tidak baik

3                    = kurang baik

4                    = baik

5                    =sangat baik

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1

Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)

1   2   3   4   5

2

Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)

1   2   3   4   5

3

Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)

1   2   3   4   5

4

Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)

1   2   3   4   5

5

Kejelasan scenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran: awal, inti dan penutup)

1   2   3   4   5

6

Kerincian scenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)

1   2   3   4   5

7

Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran

1   2   3   4   5

8

Kelengkapan instrument (soal, kunci, pedoman penskoran)

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

………………………, ……………………………………

Penilai,

 

 

 

 

(……………………………………………………………)

NIP/NIK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian

Pelaksanaan Pembelajaran

Kepala Sekolah dan Pengawas

 

IDENTITAS PESERTA

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

Dra. TINI YUNIATIN

2.   NUPTK

:

7955739640300022

3.   Nomor Peserta

:

08020880012350

4.   NIP/NIK

:

131172050

5.   Pangkat/Golongan

:

Pembina, IV/a

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

Ciamis, 23 Juni  1961

8.   Pendidikan Terakhir

:

S1 Jurusan BP Tahun 1986

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

SLB-BC Roudhotul Zannah

  1. Alamat Sekolah

:

Jl. Terusan Kopo KM. 15

 

 

Kelurahan/Desa Sekarwangi

  1. Kecamatan

:

Cingcin

  1. Kabupaten/Kota

:

Kabupaten Bandung

  1. Provinsi

:

Jawa Barat

  1. No. Telp. Sekolah

:

(022) 5891090

  1. Alamat e-mail

:

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

802020815002

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB

:

Guru Kelas SDLB

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

36 Jam

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan criteria sebagai berikut.

1           = sangat tidak baik

2           = tidak baik

3           = kurang baik

4           = baik

5           = sangat baik

 

NO.

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

Skor

 

 

 

I

PRA PEMBELAJARAN

1

Mempersiapkan siswa untuk belajar

1   2   3   4   5

2

Melakukan kegiatan apersepsi

1   2   3   4   5

 

 

 

II

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A

Penugasan materi pelajaran

3

Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran

1   2   3   4   5

4

Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

1   2   3   4   5

5

Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa

1   2   3   4   5

6

Mengaitkan materi dengan realita kehidupan

1   2   3   4   5

 

 

 

B

Pendekatan/strategi pembelajaran

7

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yanga akn dicapai dan karakteristik siswa

1   2   3   4   5

8

Melaksanakan pembelajaran secara runtut

1   2   3   4   5

9

Menguasai kelas

1   2   3   4   5

10

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

1   2   3   4   5

11

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

1   2   3   4   5

12

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan

1   2   3   4   5

 

 

 

C

Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

 

13

Menggunakan media secara efektif dan efisien

1   2   3   4   5

14

Menghasilkan pesan yang menarik

1   2   3   4   5

15

Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media

1   2   3   4   5

 

 

 

D

Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16

Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

1   2   3   4   5

17

Menunjukkan sikap terbuka terhadap rspons siswa

1   2   3   4   5

18

Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar

1   2   3   4   5

 

 

 

E

Penilaian proses dan hasil belajar

19

Memantau kemajuan belajar selama proses

1   2   3   4   5

20

Melakukan penilaian akhir  sesuai dengan kompetensi (tujuan)

1   2   3   4   5

NO

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

SKOR

F

Penggunaan bahasa

21

Menggunakan bahasa lisan dan tulisan secara jelas, baik dan benar

1   2   3   4   5

22

Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

1   2   3   4   5

 

 

 

III

Penutup

23

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

1   2   3   4   5

24

Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya

 

…………………….., …………………………

Penilai,                                                 Penilai,

 

 

 

 

(………………………………………………)       (………………………………………………….)

NIP/NIK.                                              NIP/NIK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian dari Atasan dan Pengawas

 

IDENTITAS PESERTA

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

Dra. TINI YUNIATIN

2.   NUPTK

:

7955739640300022

3.   Nomor Peserta

:

08020880012350

4.   NIP/NIK

:

131172050

5.   Pangkat/Golongan

:

Pembina, IV/a

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

Ciamis, 23 Juni  1961

8.   Pendidikan Terakhir

:

S1 Jurusan BP Tahun 1986

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

SLB-BC Roudhotul Zannah

  1. Alamat Sekolah

:

Jl. Terusan Kopo KM. 15

 

 

Kelurahan/Desa Sekarwangi

  1. Kecamatan

:

Cingcin

  1. Kabupaten/Kota

:

Kabupaten Bandung

  1. Provinsi

:

Jawa Barat

n.  No. Telp. Sekolah

:

(022) 5891090

  • o.  Alamat e-mail

:

p.  Nomor Statistik Sekolah

:

802020815002

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB

:

Guru Kelas SDLB

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

36 Jam

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah penilaian kompetensi kepribadian dan sosial guru, dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1.        = sangat tidak baik/sangat rendah

2.        = tidak baik/rendah

3.       = kurang baik/kurang tinggi

4.        = baik/tinggi

5.        = sangat baik/sangat tinggi

 

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1

Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut, missal : orang muslim rajin menjalankan shalat, orang Kristen rajin ke gereja, dll.)

1   2   3   4   5

2

Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misal : melaksanakan pembelajaran dengan baik dan  sesuai jadwal)

1   2   3   4   5

3

Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal : ijin tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya)

1   2   3   4   5

4

Kedisiplinan (Kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, missal : mulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal)

1   2   3   4   5

5

Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku  bagi orang lain, misal : menjadi teladan  bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian dll.)

1   2   3   4   5

6

Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan menaati kaidah-kaidah dalam tugas)

1   2   3   4   5

7

Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas)

1   2   3   4   5

8

Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain)

1   2   3   4   5

9

Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran, misal : dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat)

1   2   3   4   5

10

Kemampuan bekerjasama

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

 

 

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.

 

……………………., …………………………….

Pengawas                                            Kepala Sekolah,

 

 

 

 

(………………………………………….)          (…………………………………………………..) NIP/NIK.                                              NIP/NIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IDENTITAS PESERTA

 

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

 

2.  NUPTK

:

 

3.  Nomor Peserta

:

4.  NIP/NIK

:

 

5.  Pangkat/Golongan

:

 

6.  Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.  Tempat, tgl lahir

:

 

8.  Pendidikan Terakhir

:

 

9.  Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10. Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

 

  1. Alamat Sekolah

:

 

 

 

 

  1. Kecamatan

:

 

  1. Kabupaten/Kota

:

 

  1. Provinsi

:

 

  1. No. Telp. Sekolah

:

 

  1. Alamat e-mail

:

 

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

 

11. Mata Pelajaran /Guru Kelas TKLB/

SDLB/SMPLB/SMALB*)

:

 

12. Beban Mengajar per Minggu

:

 

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

Bandung ,  22 April   2008

 

Mengetahui:

Penyusun,

Pengawas Sekolah PLB,

 

 

 

 

 

…………………………………..

NIP.

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

…………………………………….

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

……………………………………….

NIP.

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Oleh Penilai (Asesor)

 

IDENTITAS PESERTA

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

 

2.   NUPTK

:

 

3.   Nomor Peserta

:

4.   NIP/NIK

:

 

5.   Pangkat/Golongan

:

 

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

 

8.   Pendidikan Terakhir

:

 

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

 

  1. Alamat Sekolah

:

 

 

 

 

  1. Kecamatan

:

 

  1. Kabupaten/Kota

:

 

  1. Provinsi

:

 

  1. No. Telp. Sekolah

:

 

  1. Alamat e-mail

:

 

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

 

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB*)

:

 

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

 

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan criteria sebagai berikut.

1        = sangat tidak baik

2        = tidak baik

3        = kurang baik

4        = baik

5        = sangat baik

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1

Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)

1   2   3   4   5

2

Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)

1   2   3   4   5

3

Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)

1   2   3   4   5

4

Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)

1   2   3   4   5

5

Kejelasan scenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran: awal, inti dan penutup)

1   2   3   4   5

6

Kerincian scenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)

1   2   3   4   5

7

Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran

1   2   3   4   5

8

Kelengkapan instrument (soal, kunci, pedoman penskoran)

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

………………………, ……………………………………

Penilai,

 

 

 

 

(……………………………………………………………)

NIP/NIK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian

Pelaksanaan Pembelajaran

Kepala Sekolah dan Pengawas

 

IDENTITAS PESERTA

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

 

2.   NUPTK

:

 

3.   Nomor Peserta

:

4.   NIP/NIK

:

 

5.   Pangkat/Golongan

:

 

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

 

8.   Pendidikan Terakhir

:

 

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

 

  1. Alamat Sekolah

:

 

 

 

 

  1. Kecamatan

:

 

  1. Kabupaten/Kota

:

 

  1. Provinsi

:

 

  1. No. Telp. Sekolah

:

 

  1. Alamat e-mail

:

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

 

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB*)

:

 

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

 

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan criteria sebagai berikut.

1                    = sangat tidak baik

2                    = tidak baik

3                    = kurang baik

4                    = baik

5                    = sangat baik

 

NO.

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

Skor

 

 

 

I

PRA PEMBELAJARAN

1

Mempersiapkan siswa untuk belajar

1   2   3   4   5

2

Melakukan kegiatan apersepsi

1   2   3   4   5

 

 

 

II

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A

Penugasan materi pelajaran

3

Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran

1   2   3   4   5

4

Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

1   2   3   4   5

5

Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa

1   2   3   4   5

6

Mengaitkan materi dengan realita kehidupan

1   2   3   4   5

 

 

 

B

Pendekatan/strategi pembelajaran

7

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yanga akn dicapai dan karakteristik siswa

1   2   3   4   5

8

Melaksanakan pembelajaran secara runtut

1   2   3   4   5

9

Menguasai kelas

1   2   3   4   5

10

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

1   2   3   4   5

11

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

1   2   3   4   5

12

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan

1   2   3   4   5

 

 

 

C

Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

 

13

Menggunakan media secara efektif dan efisien

1   2   3   4   5

14

Menghasilkan pesan yang menarik

1   2   3   4   5

15

Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media

1   2   3   4   5

 

 

 

D

Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16

Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

1   2   3   4   5

17

Menunjukkan sikap terbuka terhadap rspons siswa

1   2   3   4   5

18

Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar

1   2   3   4   5

 

 

 

E

Penilaian proses dan hasil belajar

19

Memantau kemajuan belajar selama proses

1   2   3   4   5

20

Melakukan penilaian akhir  sesuai dengan kompetensi (tujuan)

1   2   3   4   5

NO

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

SKOR

F

Penggunaan bahasa

21

Menggunakan bahasa lisan dan tulisan secara jelas, baik dan benar

1   2   3   4   5

22

Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

1   2   3   4   5

 

 

 

III

Penutup

23

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

1   2   3   4   5

24

Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya

 

…………………….., …………………………

Penilai,                                                 Penilai,

 

 

 

 

(………………………………………………)       (………………………………………………….)

NIP/NIK.                                              NIP/NIK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

 

Penilaian dari Atasan dan Pengawas

 

IDENTITAS PESERTA

 

1.   Nama (lengkap dengan gelar akademik)

:

 

2.   NUPTK

:

 

3.   Nomor Peserta

:

4.   NIP/NIK

:

 

5.   Pangkat/Golongan

:

 

6.   Jenis Kelamin

:

L/P*)

7.   Tempat, tgl lahir

:

 

8.   Pendidikan Terakhir

:

 

9.   Akta Mengajar

:

Memiliki/Tidak Memiliki*)

10.  Sekolah Tempat Tugas

 

 

  1. Nama

:

 

  1. Alamat Sekolah

:

 

 

 

 

  1. Kecamatan

:

 

  1. Kabupaten/Kota

:

 

  1. Provinsi

:

 

  1. No. Telp. Sekolah

:

 

  1. Alamat e-mail

:

 

  1. Nomor Statistik Sekolah

:

 

11.  Mata Pelajaran /Guru Kelas

TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB*)

:

 

12.  Beban Mengajar per Minggu

:

 

 

 

 

 

*)Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Petunjuk

Berilah penilaian kompetensi kepribadian dan sosial guru, dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1,2,3,4,5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1.        = sangat tidak baik/sangat rendah

2.        = tidak baik/rendah

3.       = kurang baik/kurang tinggi

4.        = baik/tinggi

5.        = sangat baik/sangat tinggi

 

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1

Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut, missal : orang muslim rajin menjalankan shalat, orang Kristen rajin ke gereja, dll.)

1   2   3   4   5

2

Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misal : melaksanakan pembelajaran dengan baik dan  sesuai jadwal)

1   2   3   4   5

3

Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal : ijin tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya)

1   2   3   4   5

4

Kedisiplinan (Kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, missal : mulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal)

1   2   3   4   5

5

Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku  bagi orang lain, misal : menjadi teladan  bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian dll.)

1   2   3   4   5

6

Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan menaati kaidah-kaidah dalam tugas)

1   2   3   4   5

7

Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas)

1   2   3   4   5

8

Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain)

1   2   3   4   5

9

Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran, misal : dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat)

1   2   3   4   5

10

Kemampuan bekerjasama

1   2   3   4   5

Skor Total

………………….

 

 

 

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.

 

……………………., …………………………….

Pengawas                                            Kepala Sekolah,

 

 

 

 

(………………………………………….)          (…………………………………………………..) NIP/NIK.                                              NIP/NIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: