KERITERIA KETUNTASAN MINIMAL (CARA PENGHITUNGAN)

A. KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM)

1. Pengertian KKM :

KKM adalah suatu kriteria acuan pencapaian kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa permata pelajaran. Siswa yang belum mencapai nilai KKM dikatakan belum tuntas.

2. Tujuan Penetapan KKM :

  1. Menetukan target kompetensi yang harus dicapai siswa.
  2. Patokan/acuan/dasar dalam menentukan kompeten atau tidak kompetennya siswa.

3. Fungsi KKM :

  1. Sebagai patokan yang jelas bagi guru untuk menentukan ketuntasan siswa dalam mengikuti mata pelajaran. Setiap KD dan indikator dapat diketahui ketercapaiannya berdasarkan KKM yang telah ditetapkan.
  2. Sebagi acuan bagi siswa dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran.
  3. Digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran. Keterlaksanaan dan hasil program kurikulum dapat dilihat dari keberhasilan mencapai KKM sebagai tolok ukur.
  4. Sebagai target satuan pendidikan  dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.
  5. Sebagai kontrak pedagogik antara guru dengan siswa dan antara sekolah dengan masyarakat.

4. Penetapan KKM :

  1. KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran.
  2. KKM ditetapkan oleh guru mata pelajaran (forum MGMP sekolah).
  3. Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100.
  4. Nilai KKM harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS).

5. Mekanisme/Langkah-langkah Penetapan KKM :

KKM

MP

KKM

SK

KKM

KD

KKM INDIKATOR
  1. Penetapan nilai KKM dilakukan melalui analisis ketuntasan belajar minimal pada setiap indikator.
  2. KKM Kompetensi Dasar didapat dengan merata-ratakan KKM semua indikator pada KD yang terkait.
  3. KKM Standar Kompetensi (SK) merupakan rata-rata KKM KD yang terdapat pada setiap SK.
  4. Nilai KKM mata pelajaran merupakan rata-rata ketuntasan belajar setiap SK pada tingkat kelas yang bersangkutan.

7. Kriteria Penetapan KKM :

Ada 3 kriteria sebagai berikut :

  • Kompleksitas ( kesulitan & kerumitan).
  • Daya dukung.
  • Intake siswa.
  1. a. TINGKAT KOMPLEKSITAS (Kesulitan dan Kerumitan) dari setiap IP/KD yang harus dicapai oleh siswa.

Tingkat kompleksitas tinggi, bila dalam pelaksanaannya menuntut :

  • Guru yang memahami dengan benar kompetensi yang harus dibelajarkan pada siswa.

Memerlukan guru yang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran.

  • Memerlukan waktu yang cukup lama karena perlu pengulangan.
  • Memerlukn penalaran dan kecermatan siswa yang tinggi.
  • Memerlukan sarana dan prasarana sesuai dengan tuntutan kompetensi yang harus dicapai.
  1. b. KEMAMPUAN SUMBERDAYA PENDUKUNG :
  • Sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai siswa, alat dan bahan untuk proses pembelajaran.
    • Ketenagaan, manajemen sekolah, dan kepedulian stakeholders sekolah.

d.    TINGKAT KEMAMPUAN (intake siswa) :

  • Penetapan intake siswa didasarkan pada hasil seleksi PSB, tes seleksi masuk atau psikotes,          NUN/S (Nilai Ujian Nasional/Sekolah), dan nilai rapor atau kemampuan siswa pada semester atau kelas sebelumnya.

8. Menafsirkan Kriteria Menjadi Nilai KKM :

Dengan memberikan poin atau rentang nilai pada setiap kriteria yang ditetapkan :

Kompleksitas : – Sangat Tinggi    =  1    (   <      56)

- Tinggi                =  2    ( 56 –    70)

- Sedang               = 3    ( 71 –    85)

- Rendah               = 4    ( 86 – 100)

Daya Dukung : – Sangat Tinggi    = 4    ( 86 – 100)

- Tinggi                = 3    ( 71 –    85)

- Sedang               = 2    ( 56 –    70)

- Rendah               = 1    (   <      56)

Intake Siswa  : – Sangat Tinggi    = 4    ( 86 – 100)

- Tinggi                = 3    ( 71 –    85)

- Sedang               = 2    ( 56 –    70)

- Rendah               = 1    (   <      56)

Jika suatu indikator memiliki kriteria : Komplesksitas Tinggi, Daya Dukung Sedang, dan Intake Siswa Rendah             maka nilai KKM nya adalah :

= 66,67
X  100

( 2 + 3 + 1 )

9

* Keterangan : 9 diambil dari jumlah nilai tertinggi pada setiap kriteria

Bila menggunakan rentang nilai caranya sbb :

Kompleksitas Sangat Tinggi  dengan nilai 65, Daya Dukung Rendah dengan nilai 55, dan Intake Siswanya Sedang dengan nilai 60 maka KKM nya adalah :

65 + 55 + 60 =  255 = 60

3

FORMAT PENETAPAN KKM

Satuan Pendidikan    : ………………………………….

Mata Pelajaran          : ………………………………….

Kelas/Semester          : ………………………………….

Tahun Pelajaran        :………………………………………………

Kompetensi Dasar/Indikator Pencapaian Standar Ketuntasan Minimal
Kriteria Penentuan KKM Jumlah Nilai KKM
Komplek

sitas

Daya Dukung Intake Siswa
SK : 3. Membiasakan prilaku terpuji
KD : 3.1 Menampilkan  prilaku tekun
- Menyebutkan contoh  prilaku tekun 80 90 56 301 75,25
- Menuliskan contoh prilaku tekun 75 95 70 305 76,25
- Terbiasa berprilaku tekun 60 56 55 261 65,25
RATA-RATA KKM PER KD 71,67 80,33 60,33 289 72,25
KD : 3.2
-
-
RATA-RATA KKM PER KD
RATA-RATA KKM PER SK
RATA-RATA KKM SEMESTER 1 67,85
KKM SEMESTER 1 68

B. ANALISIS PENCAPAIAN KKM

1. Analisis Pencapaian KKM :

Setiap selesai melaksanakan evaluasi, guru  harus melakukan analisis pencapaian KKM yaitu untuk melakukan analisis rata-rata hasil pencapaian siswa terhadap KKM yang telah ditetapkan pada setiap mata pelajaran.

2. Tujuan Analisis KKM : Mengetahui tingkat ketercapaian KKM yang telah ditetapkan.

Dengan melakukan analisis akan diperoleh data antara lain :

  1. KD yang dapat dicapai oleh 75 % – 100% dari jumlah siswa pada suatu kelas.

b.  KD yang dapat dicapai oleh 50% – 74% dari jumlah siswa pada suatu kelas.

  1. KD yang hanya dapat dicapai oleh lebih kecil atau sama dengan 49% dari jumlah siswa pada suatu kelas.

3. Manfaat analisis KKM :

Sebagai dasar untuk meningkatkan KKM pada setiap semester atau tahun berikutnya. Analisis Pencapaian KKM dilakukan berdasarkan hasil pengolahan data perolehan nilai setiap siswa permata pelajaran.

——————-Sekian dan Terima Kasih——————————-

About these ads

2 Responses to “KERITERIA KETUNTASAN MINIMAL (CARA PENGHITUNGAN)”

  1. mila Says:

    Dapat jumlah 305, 301 itu dr mana yaa?

    • jahidinjayawinata61 Says:

      wah salah jumlah, yg betul dah saya masukan lagi di blog. makasih ya mbak koreksinya. maaf tlah membingungkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: