KURIKULUM SLB BANJARSARI

KURIKULUM SLB ABC MUHAMMADIYAH

BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS

TAHUN AJARAN 2009 – 2010

SDLB, SMPLB, SMALB

PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

DINAS PENDIDIKAN

SUB DINAS PENDIDIKAN LUAR BIASA

2009

LEMBAR PENGESAHAN

KURIKULUM SLB ABC MUHAMMADIYAH

BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS

TAHUN AJARAN 2009 – 2010

Banjarsari,   Juli  2009

Pengawas Pembina                                                   Kepala Sekolah

Dra. Hj. ELLY SRIMELINDA, M.M.Pd. Drs. JAHIDIN, M.Pd.

NIP  : …………………………………………                              NIP  : 19610512 1990 1 004

KURIKULUM SLB ABC MUHMMADIYAH

BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS

TAHUN AJARAN 2009 – 2010

A. Latar Belakang

Kondisi, situasi, dan kemampuan tiap sekolah tentu berbeda-beda, baik dari segi kekuatan, kelemahan, kesempatan, maupun tantangan yang dihadapi. Hal itu dipengaruhi oleh lingkungan dan letak geogafis di mana sekolah itu berada. Sedangkan proses pendidikan harus dilakukan seoptimal mungkin disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi lingkungan yang ada. Oleh karena itu, solusi yang dipandang signifikan untuk dapat terselenggaranya  pedidikan yang semakin berkualitas di sekolah kami, maka disusunlah KTSP sebagai hasil pertimbangan-pertimbangan disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah kami.

B. Isi KTSP

1. Visi dan Misi SLB ABC Muhammadiyah Banjarsari Kabupaten Ciamis

a. Visi : Unggul  dalam mengembangkan life skill menuju kemandirian  anak berkebutuhan  khusus pada tahun 2012.

b. Misi :

1) Menciptakan siswa berkebutuhan khusus yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.

2) Memberikan kesempatan belajar kepada anak-anak berkebutuhan khusus.

3) Membantu anak berkebutuhan khusus dalam mengatasi masalah kelainannya.

4) Membekali siswa berkebutuhan khusus dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

5) Membekali siswa berkebutuhan khusus dengan keterampilan kerja.

6)Mendorong kreativitas dan kemandirian para siswa.

c. Strategi :

1)Mendidik dan membiasakan anak dalam kehidupan yang agamis, serta  menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kehidupan agamis .

2) Melakukan sosialisasi dan penjaringan anak berkebutuhan khusaus.

3)Memberikan terapi kepada anak berkebutuhan khusus sesuai dengan kelainannya.

4)Menyediakan fasilitas yang mendukung terlaksananya pembelajaran yang  efektif dan efisien.

5) Memberikan pelajaran keterampilan sesuai dengan bakat dan minat siswa.

6)Memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar mengembangkan diri.

2. Tujuan Pendidikan

SDLB dan SMPLB  bertujuan untuk :

”Meletakkan dasar kecerdasan , pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta  keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.”

SMALB bertujuan untuk :

”Meningkatkan kecerdasan , pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan   untuk hidup mandiri dan dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.”

3. Struktur dan Muatan Kurikulum

1) Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum SLB-ABC Muhammadiyah Banjarsari untuk tigkat SDLB   memuat mata pelajaran wajib , muatan lokal , dan pengembangan diri dengan rincian sebagai berikut :

Struktur Kurikulum SDLB bagian A (Tunanetra) :

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

I, II, III

IV, V dan VI

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

28-30

(Pendekatan tematik)

3

2. Pendidikan Kewarganegaraan

2

3. Bahasa Indonesia

5

4. Matematika

5

5. Ilmu Pengetahuan Alam / Sains

4

6. Ilmu Pengetahuan Sosial

3

7. Seni Budaya dan Keterampilan

3

8. Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan

3

B. Muatan Lokal : – Wajib   : Basa Sunda

- Pilihan  : PLH

2

2

C. Program Khusus  : Orientasi dan Mobilitas

2

D. Pengembangan Diri

2*)

Jumlah

28 – 30

34

*) Ekuivalen 2 jam pemberlajaran, disesuaikan dengan kelainan dan kebutuhan pesert didik

** Satu jam pembelajaran sama dengan 35 menit.

Struktur Kurikulum SDLB bagian B (Tunarungu) :

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

I, II, III

IV, V dan VI

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

26-30

(Pendekatan tematik)

3

2. Pendidikan Kewarganegaraan

2

3. Bahasa Indonesia

5

4. Matematika

5

5. Ilmu Pengetahuan Alam / Sains

4

6. Ilmu Pengetahuan Sosial

3

7. Seni Budaya dan Keterampilan

3

8. Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan

3

B. Muatan Lokal : – Wajib   : Basa Sunda

- Pilihan  : PLH

2

2

C. Program Khusus : Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi dan Irama

2

D. Pengembangan Diri

2*)

Jumlah

29 – 32

34

*) Ekuivalen 2 jam pemberlajaran, disesuaikan dengan kelainan dan kebutuhan pesert didik

** Satu jam pembelajaran sama dengan 35 menit.

Struktur Kurikulum SDLB bagian C (Tunagrahita) :

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

I, II, III

IV, V dan VI

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

29-32

(Pendekatan tematik)

28

Pendekatan temtik

2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam / Sains
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Seni Budaya dan Keterampilan
8. Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan
B. Muatan Lokal : – Wajib   : Basa Sunda

- Pilihan  : PLH

2

2

C. Program Khusus  : Kemampuan Merawat Diri

2

D. Pengembangan Diri

2*)

Jumlah

28 – 30

34

*) Ekuivalen 2 jam pemberlajaran, disesuaikan dengan kelainan dan kebutuhan pesert didik

** Satu jam pembelajaran sama dengan 35 menit.

Struktur Kurikulum SMPLB bagian A (Tunanetra) :

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

2

2

2

2. Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3. Bahasa Indonesia

2

2

2

4. Bahasa Inggris

2

2

2

5. Matematika

3

3

3

6. Ilmu Pengetahuan Alam / Sains

3

3

3

7. Ilmu Pengetahuan Sosial

2

2

2

8. Seni Budaya dan Keterampilan

2

2

2

9. Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

10. Keterampilan Vokasional 10 10 10
B. Muatan Lokal : – Wajib   : Basa Sunda

2

2

2

C. Program Khusus : Orientasi dan Mobilitas

2

2

2

D. Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

34

34

34

*) Ekuivalen 2 jam pemberlajaran, disesuaikan dengan kelainan dan kebutuhan pesert didik

** Satu jam pembelajaran sama dengan 40 menit.

Struktur Kurikulum SMPLB bagian B (Tunarungu) :

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

2

2

2

2. Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3. Bahasa Indonesia

2

2

2

4. Bahasa Inggris

2

2

2

5. Matematika

3

3

3

6. Ilmu Pengetahuan Alam / Sains

3

3

3

7. Ilmu Pengetahuan Sosial

2

2

2

8. Seni Budaya dan Keterampilan

2

2

2

9. Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

10. Keterampilan Vokasional 10 10 10
B. Muatan Lokal : – Wajib   : Basa Sunda

2

2

2

C. Program Khusus : Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi dan Irama

2

2

2

D. Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

34

34

34

*) Ekuivalen 2 jam pemberlajaran, disesuaikan dengan kelainan dan kebutuhan pesert didik

** Satu jam pembelajaran sama dengan 40 menit.

Struktur Kurikulum SMPLB bagian C (Tunagrahita) :

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

10

(Pendekatan tematik)

10

(Pendekatan tematik)

10

(Pendekatan tematik)

2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Matematika
6. Ilmu Pengetahuan Alam / Sains
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
8. Seni Budaya dan Keterampilan
9. Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan
10. Keterampilan Vokasional 20 20 20
B. Muatan Lokal : – Wajib   : Basa Sunda

2

2

2

C. Program Khusus : Bina Diri

2

2

2

D. Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

34

34

34

*) Ekuivalen 2 jam pemberlajaran, disesuaikan dengan kelainan dan kebutuhan pesert didik

** Satu jam pembelajaran sama dengan 40 menit.

Struktur Kurikulum SMALB bagian A (Tunanetra) :

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

2

2

2

2. Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3. Bahasa Indonesia

2

2

2

4. Bahasa Inggris

2

2

2

5. Matematika

2

2

2

6. Ilmu Pengetahuan Alam / Sains

2

2

2

7. Ilmu Pengetahuan Sosial

2

2

2

8. Seni Budaya dan Keterampilan

2

2

2

9. Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

10. Keterampilan Vokasional 16 16 16
B. Muatan Lokal : – Wajib   : Basa Sunda

2

2

2

C. Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

36

36

36

*) Ekuivalen 2 jam pemberlajaran, disesuaikan dengan kelainan dan kebutuhan pesert didik

** Satu jam pembelajaran sama dengan 45 menit.

Struktur Kurikulum SMALB bagian B (Tunarungu) :

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

2

2

2

2. Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3. Bahasa Indonesia

2

2

2

4. Bahasa Inggris

2

2

2

5. Matematika

2

2

2

6. Ilmu Pengetahuan Alam / Sains

2

2

2

7. Ilmu Pengetahuan Sosial

2

2

2

8. Seni Budaya dan Keterampilan

2

2

2

9. Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

10. Keterampilan Vokasional 16 16 16
B. Muatan Lokal : – Wajib   : Basa Sunda

2

2

2

C. Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

36

36

36

*) Ekuivalen 2 jam pemberlajaran, disesuaikan dengan kelainan dan kebutuhan pesert didik

** Satu jam pembelajaran sama dengan 45 menit.

Struktur Kurikulum SMALB bagian C (Tunagrahita) :

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

10

(Pendekatan tematik)

10

(Pendekatan tematik)

10

(Pendekatan tematik)

2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Matematika
6. Ilmu Pengetahuan Alam / Sains
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
8. Seni Budaya dan Keterampilan
9. Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan
10. Keterampilan Vokasional 24 24 24
B. Muatan Lokal : – Wajib   : Basa Sunda

2

2

2

C. Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

36

36

36

*) Ekuivalen 2 jam pemberlajaran, disesuaikan dengan kelainan dan kebutuhan pesert didik

** Satu jam pembelajaran sama dengan 45 menit.

2) Muatan Kurikulum

Muatan kurikulum SLB-ABC Muhammadiyah Banjarsari meliputi sejumlah mata pelajaran , materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik dan termasuk ke dalam isi kurikulum yang digunakan di sekolah ini.

a) Mata Pelajaran Wajib pada tingkat SDLB adalah sebagai berikut :

ü      Pendidikan Agama

ü      Pendidikan Kewarganegaraan

ü      Bahasa Indonesia

ü      Matematika

ü      Ilmu Pengetahuan Alam

ü      Ilmu Pengetahuan Sosial

ü      Seni Budaya dan Keterampilan

ü      Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan

ü      Program Khusus : Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi & Irama, Kemampuan Merawat Diri. (Disesuaikan dengan jenis kelainannya.)

ü      Muatan Lokal Basa Sunda dan PLH

ü      Pengembangan Diri

b) Mata Pelajaran Wajib pada tingkat SMPLB adalah sebagai berikut :

ü      Pendidikan Agama

ü      Pendidikan Kewarganegaraan

ü      Bahasa Indonesia

ü      Bahasa Inggris

ü      Matematika

ü      Ilmu Pengetahuan Alam

ü      Ilmu Pengetahuan Sosial

ü      Seni Budaya

ü      Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan

ü      Keterampilan Vokasional

ü      Program Khusus : Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi & Irama, Kemampuan Merawat Diri. (Disesuaikan dengan jenis kelainannya.)

ü      Muatan Lokal : Basa Sunda

ü      Pengembangan Diri

c)  Mata Pelajaran Wajib pada tingkat SMALB adalah sebagai berikut :

ü      Pendidikan Agama

ü      Pendidikan Kewarganegaraan

ü      Bahasa Indonesia

ü      Bahasa Inggris

ü      Matematika

ü      Ilmu Pengetahuan Alam

ü      Ilmu Pengetahuan Sosial

ü      Seni Budaya

ü      Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan

ü      Keterampilan Vokasional

ü      Muatan Lokal : Basa Sunda

ü      Pengembangan Diri

Kegiatan Pengembangan Diri

a.  Pembentukan pribadi melalui pembiasan dalam kegiatan :

1). Rutin

  • Upacara Bendera
  • Berdoa sebelum dan sesudah belajar
  • Pemeriksaan kebersihan pakaian
  • Pemeriksaan kesehatan gigi
  • Pelaksanaan Jumat Sehat
  • Membersihkan kelas dan halaman sekolah
  • Membaca di perpustakaan

2)  Terprogram

  • Kegiatan Keagamaan (pesantren kilat)
  • Pekan Kreativitas Siswa
  • Peringatan hari-hari besar Nasional
  • Pengenalan Lingkungan

3)  Spontan

  • Memberi salam
  • Cium tangan ketika bertemu dengan guru
  • Santun dalam berbicara
  • Saling menolong sesama teman

4)  Teladan

  • Berpakaian bersih dan rapih
  • Tepat waktu dalam segala hal
  • Bersikap jujur dalam segala hal

b.  Pengembangan Potensi dan Ekspresi diri

Sesuai dengan minat dan bakat

ü      Kepemimpinan

- Bidang Pengembangan : Pramuka

ü      Seni

- Bidang Pengembangan : Seni Musik, Seni Lukis

ü      Olahraga

- Bidang Pengembangan : Tenis Meja , Senam Lantai , Renang , Atletik dan Sepak Bola.

ü      Kajian Muatan Lokal dan Keterampilan

- Bidang Pengembangan : Anyaman , Menjahit dan Tata Boga..

c.  Pengaturan Beban Belajar

Pengaturan beban belajar  menggunakan sistem paket sesuai dengan yang dialokasikan

dalam struktur kurikulum sebagai berikut :

1) Satu jam pembelajaran tatap muka   SDLB/SMPLB/SMALB  adalah : 35/40/45 menit

2) Jumlah jam pembelajaran perminggu SDLB 28 – 34jam pembelajaran, SMPLB 34 jam pembelajaran, SMA LB 36 jam pembelajaran.

3) Minggu efektif pertahun pelajaran :  36 minggu

4)Beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur                maksimum 40 % dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang               bersangkutan.

5) Alokasi waktu untuk praktek , 2 jam kegiatan praktek di sekolah setara dengan              1 jam tatap muka.

6) Alokasi untuk pengembangan ekspresi dan potesi diri disesuaikan dengan jenis             pengembangan yang dipilih.

7)  Pengembangan diri dalam rangka pembentukan pribadi disesuaikan dengan kondisi,             situasi , dan konteks sekolah .

d. Ketuntasan Belajar

Ketuntasan Belajar setiap mata pelajaran disesuaaikan dengan kompleksitas esensial,           imtaq siswa dan sarana prasarana.

Adapun SKBM setiap mata pelajaran sebagai berikut :

KOMPONEN

NILAI SKBM (%)

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

2. Pendidikan Kewarganegaraan

3. Bahasa Indonesia

4. Bahasa Inggris*

5. Matematika

6. Ilmu Pengetahuan Alam

7. Ilmu Pengetahuan Sosial

8. Seni budaya dan Keterampilan

9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

10. Vokasional**

B. Muatan Lokal

9. Wajib    ; Bahasa Daerah

10. Pilihan   : PLH

C. Program Khusus Kemampuan Merawat Diri

D. Pengembangan Diri

70

70

60

60

60

60

65

60

70

70

60

60

70

70

*   Untuk SMPLB dan SMALB

** Untuk SMALB

e. Kenaikan Kelas dan Kelulusan

1) Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran dengan ketentuan            sebagai berikut   :

-  Siswa sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan kriteria ketuntasan minimal pada semua indikator , Hasil Belajar (HB), Kompetensi Dasar (KD), dan Standar Kompetensi (SK) pada semua mata pelajaran.

-    Kehadiran Siswa minimal 65 %

-    Prilaku / sikap dengan kriteria baik.

2) Kelulusan

Kelulusan dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari

kelas  I  –  VI (SDLB), kelas VII –IX (SMPLB), dan kelas X – XII ( SMALB).

Adapun ketentuannya sebagai berikut :

-  Siswa sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan kriteria ketuntasan minimal pada semua indikator hasil belajar (HB), Kompetensi Dasar (KD), dan Standar Kompetensi (SK) pada semua mata pelajaran.

-    Prosentase kehadiran minimal 65 %

-    Lulus ujian sekolah.

f.  Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan disusun dengan berpedoman kepada kalender nasional yang disesuaikan dengan program sekolah .

Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

Semester I :

SMT

BULAN

JUMLAH

KETERANGAN

Tidak efektif dan efektif Tidak efektif Efektif

I

Juli

3

0

3

13 Juli masuk Smt I
Agustus

4

1

3

Libur Umum Hari Kemerdekaan RI

Libur awal Ramadhan 20-22 Agust 2009

September

4

2

2

Libur Idul Fitri 14 -26 Sept 2009
Oktober

5

1

4

UTS 5 -10 Okt. 2009
Nopember

4

0

4

Desember

5

3

2

14 – 24 UAS Smt I

26 Pembagian Rapor

Jumlah

25

8

18

Semester II :

SMT

BULAN

JUMLAH

KETERANGAN

Tidak efektif dan efektif Tidak efektif Efektif

II

Januari

4

1

3

11 Januari masuk Smt II
Februari

4

-

4

Maret

4

1

3

UTS 15 – 20 Maret 2010
April

4

-

4

Mei

4

2

2

UN/US  17-29  Mei  2010
Juni

5

3

2

UAS Smt II  14 – 24 Juni  2010
Jumlah

25

7

18

DAFTAR  ISI

Halaman

Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………………………1

Lembar Pengesahan ……………………………………………………………………………………………………2

KURIKULUM SLB MUHAMMADIYAH BANJARSARI

  1. Latar Belakang ………………………………………………………………………………………………. 3
  2. Isi KTSP ……………………………………………………………………………………………………….. 3
  1. Visi, Misi, dan Strategi SLB M Banjarsari……………………………………………………. 3
  2. Tujuan Pendidikan ……………………………………………………………………………………  4
  3. Struktur dan Muatan Kurikulum………………………………………………………………….  4

1) Struktur Kurikulum………………………………………………………………………………… 4

  1. Struktur Kurikulum SDLB Bagian A (Tunanetra) ………………………………..  4
  2. Struktur Kurikulum SDLB Bagian B (Tunarungu) ……………………………….  5
  3. Struktur Kurikulum SDLB Bagian C (Tunagrahita) ……………………………..  5
  4. Struktur Kurikulum SMPLB Bagian A (Tunanetra) ……………………………… 6
  5. Struktur Kurikulum SMPLB Bagian B (Tunarungu) …………………………….. 7
  6. Struktur Kurikulum SMPLB Bagian C (Tunagrahita) …………………………… 7
  7. Struktur Kurikulum SMALB Bagian A (Tunanetra) …………………………….. 8
  8. Struktur Kurikulum SMALB Bagian B (Tunarungu) ……………………………. 9
  9. Struktur Kurikulum SMALB Bagian C (Tunagrahita) ………………………….. 9

2) Muatan Kurikulum…………………………………………………………………………………. 10

a. Mata Pelajaran Wajib pada tingkat SDLB………………………………………………. 10

b. Mata Pelajaran Wajib pada tingkat SMPLB……………………………………………. 10

c. Mata Pelajaran Wajib pada tingkat SMALB …………………………………………… 11

d. Kegiatan Pengembangan Diri ………………………………………………………………..11

  • Pembentukan Pribadi Melalui Pembiasaan ………………………………………. 11
  • Pengembangan Potensi dan Ekspresi Diri………………………………………….12

4. Pengaturan Beban Belajar……………………………………………………………………………. 12

5. Ketuntasan Belajar …………………………………………………………………………………….. 13

6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan ……………………………………………………………………. 14

7. Kalender Pendidikan ………………………………………………………………………………….  14

KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SLB MUHAMMADIYAH BANJARSARI KAB. CIAMIS

Thn

Bln

HARI DAN TANGGAL

JUMLAH HARI

S

L

R

K

J

B

M

S

L

R

K

J

B

M

S

L

R

K

J

B

M

S

L

R

K

J

B

M

S

L

R

K

J

B

M

S

HK

HL

HE

HE

SMT 2

2009

JUL

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

19

3

16

122

AGT

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

31

9

22

SEP

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

30

18

12

OKT

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

31

4

27

NOV

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

30

6

24

DES

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

31

10

21

2010

JAN

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

31

14

17

138

PEB

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

28

5

23

MAR

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

31

6

25

APR

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

30

5

25

MEI

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

31

6

25

JUN

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

30

7

23

JUL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

11

11

0

JUMLAH HARI

364

104

260

SEMESTER I                                                                                                               SEMESTER II

Masuk Sekolah                                                                       11 Januari  2010

Perkiraan Ulangan Tengah Semester                                       15 – 20 Maret  2010

Perkiraan Jeda Tengah Semester                                             22 – 27 mMartet  2010

Perkiraan US/UN SMALB                                                     17 -22 Mei  2010

Perkiraan US/UN SMPLB                                                      24 – 29 Mei 2010

Perkiraan US/UASBN SDLB                                                 31 Juni – 5  Juli 2010

Perkiraan Ulangan Akhir Semester II                                      14 -19 Juni 2010

Pembagian Rapor                                                                    26  Juni   2010

Libur Semester II                                                                    27 Juni – 11  Juli  2010

Pembagian Rapor                                                                    26 Desember 2009

Libur Semester I                                                                      27 Desember 09 – 10 Januari 2010

Masuk Sekolah                                                                       13 Juli 2009

Libur Awal Puasa                                                                   20 – 22 Agustus 2009

Libur Idul Fitri                                                                        14 – 29 September 2009

Perkiraan Ulangan Tengah Semester                                       5 – 10 Oktober 2009

Perkiraan Jeda Tengah Semester                                             12 – 17 Oktober 2009

Perkiraan Ulangan Akhir Semester I                                       14 -19 Desember 2009

Pembagian Rapor                                                                    26 Desember 2009

Libur Semester I                                                                      27 Desember 09 – 10 Januari 2010

HK = Hari Kalender

HE = Hari Efektif                                                                                                                                                               Banjarsari,  13  Juli   2009

HL = Hari Libur                                                                                                                                                                                   Kepala Sekolah

Drs. JAHIDIN, M.Pd.

NIP  : 19610512 199003 1 004

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: